Uncategorized

ASEAN Harus Bertransformasi untuk Jawab Tantangan-Tantangan Baru

Wakil Menteri Luar Negeri RI AM Fachir dalam sambutan kunci Pertemuan Koordinasi Sekretariat Nasional ASEAN – Indonesia di Jakarta (12/6) menyatakan ASEAN harus membuktikan komitmennya sebagai asosiasi yang  berpusat dan berorientasi pada rakyat agar manfaatnya benar-benar dirasakan masyarakat.

Wamenlu Fachir juga menggarisbawahi bahwa selama lima dasawarsa ASEAN berhasil menjaga stabilitas, keamanan dan perdamaian serta menanamkan budaya dialog termasuk dengan negara-negara Mitra Wicara. Hasilnya, Asia Tenggara menjadi kawasan yang kemakmurannya meningkat.

Meskipun demikian, Wamenlu juga mengingatkan masih terdapat sejumlah tantangan regional seperti isu perbatasan dan maritim serta tantangan di dalam negeri terkait daya saing dan produktivitas. A.M Fachir berkeyakinan, melalui peningkatan koordinasi dan sinergi, Sekretariat Nasional ASEAN – Indonesia dapat lebih fokus dalam membawa manfaat ASEAN bagi rakyat.

Pertemuan Koordinasi dipimpin oleh Jose Tavares, Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN merangkap Koordinator Sekretariat Nasional ASEAN – Indonesia serta dihadiri oleh lebih dari 120 peserta dari berbagai Kementerian/Lembaga. Agenda pertemuan mencakup hasil-hasil KTT ke-30 ASEAN yang berlangsung di Manila, Filipina, 26-29 April 2017; isu-isu ASEAN terkait kepentingan Indonesia; peringatan HUT ke-50 ASEAN dan rencana serta strategi implementasi Cetak Biru ASEAN 2025.

Pertemuan Koordinasi berlangsung produktif dengan menghasilkan rekomendasi, antara lain, perlunya Kementerian/Lembaga anggota Sekretariat Nasional ASEAN – Indonesia meningkatkan upaya-upaya bersama agar kerja sama ASEAN pada Pilar Politik dan Keamanan, Pilar Ekonomi dan Pilar Sosial Budaya memberikan manfaat bagi rakyat Indonesia.

Sekretariat Nasional ASEAN – Indonesia dibentuk berdasarkan amanat Piagam ASEAN. Berdasarkan Keppres No. 23 Tahun 2012 tentang Susunan Keanggotaan Sekretariat Nasional ASEAN – Indonesia, entitas ini memiliki tugas dan fungsi, antara lain, sebagai pumpunan kegiatan pada tingkat nasional dan mengoordinasikan pelaksanaan keputusan-keputusan ASEAN pada tingkat nasional. (Setditjen Kerja Sama ASEAN)

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tabloid Diplomasi Versi PDF

Tabloid Maret 2018

Tabloid Maret 2018