Current Issue Januari 2018

Bali Democracy Forum

foto bersama bali democracy forum

Bali Democracy Forum (BDF) yang diinisiasi oleh Indonesia pada 2008, merupakan forum tahunan antarpemerintah yang inklusif dan terbuka mengenai perkembangan demokrasi di kawasan Asia Pasifik. Forum ini bertujuan untuk mempromosikan dan mendorong kerja sama regional dan internasional di bidang perdamaian dan demokrasi melalui dialogue-based mengenai berbagi pengalaman dan praktik terbaik yang sesuai dengan prinsip kesetaraan, saling menghormati dan pengertian, serta berbagi kepemilikan dengan negara-negara peserta. Dalam pandangan Indonesia, demokrasi bukan hanya tentang pemilihan umum yang sukses. Demokrasi perlu dikonsolidasikan dan berakar pada setiap aspek kehidupan nasional Indonesia.Selanjutnya, sebagaimana diabadikan dalam sistem nilai Pancasila, demokrasi sebagai falsafah bangsa, perlu diproyeksikan dalam kebijakan luar negeri Indonesia.

Oleh karena itu promosi demokrasi merupakan bagian integral dari kebijakan luar negeri Indonesia, khususnya di kawasan Asia. Indonesia menekankan pentingnya bagaimana demokrasi harus dibangun di kawasan ini berdasarkan prinsip utamanya yaitu: (i) Demokrasi tidak dapat dipaksakan dari luar. Setiap perkembangan politik harus menjadi pengalaman ‘tumbuh dari bawah’. Ini adalah sesuatu yang harus dibangun berdasarkan pengalaman sejarah dan kondisi budaya suatu negara. (ii) Sangat penting bagi komunitas bangsa di dunia, terlepas dari afinitas ideologi dan kesetiaan politik mereka, untuk belajar satu sama lain dalam menyempurnakan metode pemerintahan sehingga mereka dapat melayani tujuan kemakmuran dan kedamaian yang lebih baik. Proses saling belajar dan berbagi pengalaman akan semakin menentukan sifat demokrasi sebagai faktor pemersatu. Indonesia percaya bahwa demokrasi adalah elemen kunci dalam mempromosikan perdamaian dan stabilitas di kawasan. Banyak negara di kawasan yang menerima universalitas dari nilai-nilai demokrasi, seperti penghormatan terhadap hak asasi manusia dan kebebasan fundamental,serta kepatuhan terhadap nilai-nilai tersebut, ini dapat membantu mengkonsolidasikan perdamaian, stabilitas dan kemakmuran di kawasan.

Dengan pemikiran ini, Pemerintah Indonesia pada tahun 2008, berinisiatif menyelenggarakan Bali Democracy Forum (BDF) sebagai forum tahunan antar Menteri Luar Negeri dari negara-negara Asia Pasifik yang demokratis atau bercita-cita tinggi untuk lebih demokratis. Dan selama satu dekade keberadaannya, BDF telah menjadi forum tahunan bagi para pemimpin negara/pemerintahan untuk berbagi pengalaman dan praktik terbaik demokrasi dan bahkan menarik para petinggi negara dari kawasan lain.

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tabloid Diplomasi Versi PDF

Tabloid Januari 2018

Tabloid Januari 2018