April 2009

CHRISTIAN SUGIONO DUTA WIKIPEDIA

Ditengah kesibukannya yang demikian padat, Christian Sugiono yang akrab dipanggil Tian masih sempat menulis dan berbagi informasi lewat media internet. Berangkat dari kegemaran untuk berbagi dan memudahkan akses informasi dari berbagai pelosok Indonesia, Wikipedia Indonesia menunjuk Christian Sugiono sebagai Duta Pengetahuan Bebas dan Karya Cipta Bersama.

Aktor ganteng dengan segudang talenta ini berusaha mengajak orang Indonesia untuk masuk ke Wikimedia secara aktif. Sebagai tugas utama, Tian mensosialisasikan tentang pengetahuan dan mencari kontributor, dalam artian orang-orang yang akan menulis artikel tentang apa saja yang akan dimuat di situs tersebut nantinya.
“Ya (selain jadi duta) saya juga menulis artikel. Itu yang aku tulis tentang entertainment dan tentang diri gue sendiri. Bagi gue ini sangat penting karena banyak klien yang mencari tentang gue di Wikipedia,” tuturnya saat preskon peresmian Wikimedia Indonesia di Departemen Komunikasi dan Informasi, Jakarta Pusat, Jumat (20/3) siang.

Tidak seperti saat mengemban tugas sebagai duta produk, menjadi duta situs yang mengusung tema Pengetahuan Bebas dan Karya Kita Bersama ini bintang Jakarta Undercover yang sudah resmi menjadi suami Titi Kamal tersebut sama sekali tidak dibayar. Namun, ia mengaku sama sekali tidak menjadi beban baginya. Pengukuhan Christian ini juga menandai dibukanya cabang Wikipedia di Indonesia, karena Indonesia menempati posisi ketiga di Asia, sebagai kontributor artikel terbanyak di Wikipedia. Kini Wikimedia Indonesia hadir untuk memfasilitasi para kontributor yang ingin berbagi pengetahuan dalam bahasa Indonesia dan bahasa – bahasa lain yang dipertuturkan di Indonesia.

Christian Sugiono menyatakan sangat antusias dapat menjadi Duta Pengetahuan Bebas dan Karya Cipta Bersama ini, karena belajar dari pengalaman waktu dia masih kuliah di Jerman, bahwa begitu mudahnya akses informasi dan pengetahuan baik online maupun perpustakaan di Jerman. Menurut Christian, jika selama ini kita hanya mengetahui Wikipedia sebagai sebuah link ensiklopedia, maka Wikimedia Indonesia berisi lebih lengkap dan beragam artikel-artikel hasil liputan kontributor Wikimedia dari berbagai pelosok daerah.

Kini, di id.wikipedia.org telah ada sekitar 101.000 artikel yang isinya berupa ensiklopedia. Jumlah kontributor aktifnya sekitar 50 orang. Bandingkan dengan Wikipedia berbahasa Inggris yang memiliki 2,8 juta artikel dengan kontributor aktif sekitar 4.500 orang. Bagi Tian, menulis artikel di Wikimedia dirasa sangat mengasyikkan. Secara pribadi ia sangat mendukung untuk membebaskan pengetahuan karena pengetahuan itu penting bagi siapa pun. “Dan mereka berhak mendapatkan pengetahuan. Jadi jangan mengkomersilkan pengetahuan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Tian mengungkapkan bahwa ketertarikannya justru ada di dunia IT, bukan di entertainment. Menurutnya, dunia entertainment yang dijalani sekarang hanya untuk sementara saja. “Dunia IT itu yang gue kepingin sejak dulu, dan gue memfokus di dunia ini,” katanya. Dan gara-gara terlalu fokus, Tian bisa menghabiskan waktu sampai 10 jam di depan komputer. Akibatnya, sang istri pun tidak dihiraukannya. “Itu yang membuat istri gue jenuh. Tapi sekarang dia udah terbiasa ngelihat gue seperti itu, dan bukan sesuatu yang baru buat Titi.[]

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment

Don`t copy text!