NEWS FLASH
Print E-mail
Edisi - Pebruari 2012
Monday, 20 February 2012 11:25

Keuntungan Ekonomi di Balik Kinerja Diplomasi
Mahfudz Siddiq
Ketua Komisi I DPR RI


Kemlu harus melakukan evaluasi atas keuntungan ekonomi yang diperoleh bangsa ini melalui kerja diplomasi politik luar negeri. Karena memang sudah seharusnya segala kegiatan diplomasi luar negri kita harus dapat memberikan nilai atau efek ekonomis bagi negara. Selain itu juga adanya manfaat ekonomi yang  didapat dari terjalinnya hubungan diplomatik dengan sebuah negara.

Saya minta agar Kemlu dapat menyajikan data riil nilai ekonomi yang diperoleh negara dari hubungannya dengan negara lain, seperti berapa angka perdagangan Indonesia dengan negara X misalnya, berapa nilai investasi yang masuk, dan apakah hal tersebut masuk ke sektor riil atau non riil.

Kita bisa melihat politik diplomasi luar negeri AS atau China, dimana setiap ada kunjungan menlu dari negara-negara tersebut pasti ada agenda ekonomi di belakangnya yang juga dibawa. Inilah yang saya maksudkan dengan dampak ekonomi dari diplomasi politik luar negeri kita. Semoga kedepannya diplomasi politik luar negeri kita akan dapat memberikan manfaat ekonomis bagi   negara kita.[]