NEWS FLASH
Print E-mail
2016 Agustus - 2016 Diplomasi Agustus
Monday, 28 November 2016 08:17

Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI)

Soft power Diplomacy Indonesia untuk Menjembatani Perbedaan Dunia Saat Ini Pada pembukaan pagelaran Indonesia Channel 2016 tanggal 18 Agustus 2016 di Taman Ismail Marzuki, Menteri Luar Negeri menyampaikan hal-hal sebagai berikut.

Pada saat sebelum memasuki gedung ini, saya sempat berkeliling untuk melihat hasil karya seni anak-anak peserta BSBI 2016, saya sangat impressive dengan karya seni yang dihasilkan anak-anak ini.Ini luar biasa, dimana hanya dalam waktu tiga bulan saja mereka sudah bisa memainkan alat musik gamelan, menari, membuat anyaman, melukis, membantik dan lain-lainnya.Saya merasa bangga sekali dengan apa yang dihasilkan oleh anak-anak peserta BSBI ini. Mereka datang dari 41 negara di kawasan Asia Pasifik, Eropa, dan Amerika. Sebagian besar dari mereka sudah pernah berkunjung ke Indonesia, tetapi saya yakin bahwa setelah tiga bulan ini mereka akan menjadikan Indonesia sebagai ‘rumah kedua’ bagi mereka semua.

Sejak dimulainya program BSBI pada 2003, kita sudah memiliki peserta sebanyak 718 orang dari 63 negara. Mereka akan menjadi sahabat Indonesia, introducing Indonesia untuk menjalin komunikasi dan dialog serta inisiatif performance dengan bangsa-bangsa lain.

Soft power diplomacy akan se-lalu dimainkan Indonesia untuk menjembatani perbedaan dunia saat ini. Dengan adanya berbagai konflik yang terjadi tentunya memerlukan banyak sekali jembatan, dan bukan hanya satu atau dua jembatan untuk menghubungkan antara budaya yang berbeda, agama yang berbeda, dan kepentingan yang berbeda, dan inilah bagian yang ingin dimainkan oleh Indonesia untuk membangun berjuta jembatan agar dunia menjadi damai dan stabil melalui seni dan budaya.