NEWS FLASH
Print E-mail
2016 Agustus - 2016 Diplomasi Agustus
Monday, 28 November 2016 08:19

Pagelaran Indonesia ChannelMenjadi Puncak Acara Program BSBI

Program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) 2016 yang dibuka pada 13 Mei 2016, ditutup secara resmi oleh Menlu RI Retno Marsudi pada 18 Agustus 2016 di gedung Teater Besar Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta. Acara penutupan yang sekaligus menjadi acara puncak dari program BSBI 2016 ini diisi dengan sebuah pagelaran seni budaya “Indonesia Channel” dengan tema “Thousand Islands Made in Heaven” . Pagelaran ini merupakan wahana unjuk kebolehan dari para peserta BSBI atas hasil yang dicapai selama tiga bulan belajar di Indonesia.

Para peserta BSBI 2016 kali ini berasal dari negara anggota ASEAN, ASEAN+3, SwPD, dan PIF serta dari Azerbaijan, Belanda, Republik Ceko, Hungaria, India, Italia, Jerman, Moldova, Perancis, Polandia, Romania, Slovenia, Slowakia, Spanyol, Suriname, Turki, Serbia, Bulgaria, Kroasia, Denmark, Norwegia, Kazakhstan, Maroko, Timor Leste, Thailand, Tunis, dan Yunani. Ditambah dengan peserta baru dari Moldova, Slovenia dan Romania. Sedangkan dari Indonesia sendiri diwakili oleh empat pemuda yang  berasal dari Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, Jawa Barat dan Jawa Timur.  

Kurikulum yang diajarkan dalam program BSBI ini utamanya adalah Bahasa Indonesia, seni budaya dan agama, kegiatan sosial, serta kearifan lokal. Dalam rentang waktu  tiga bulan, para peserta berkesempatan untuk mengenal dan merasakan suasana pada saat Hari Besar Keagamaan di Indonesia, seperti Ramadhan dan Idul Fitri, Hari Raya Waisak, serta kemeriahan peringatan HUT RI ke 71.

Selain menggandeng empat mitra yang sudah berkontribusi pada tahun sebelumnya, yaitu Studio Tydif, Surabaya (Jawa); Sanggar Semarandana, Denpasar (Bali); Rumah Budaya Rumata, Makassar (Sulawesi), dan Universitas Veteran Yogyakarta untuk Program Kekhususan, pada tahun 2016 ini Kemlu RI juga berkerjasama dengan Sanggar Sofiyani di Padang sebagai perwakilan pulau Sumatera.

Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) merupakan kegiatan Kemlu RI yang telah dilaksanakan selama 14 tahun sejak tahun 2003 dan telah menghasilkan 658 lulusan dari 60 negara. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan para generasi muda negara-negara sahabat dengan berbagai ragam identitas dan kepribadian bangsa Indonesia yang khas seperti sikap menghargai keberagaman/kebhinekaan, kekeluargaan, kesantunan, toleransi, dan keterbukaan.

Peserta BSBI diharapkan dapat menjadi Sahabat Indonesia (friends of Indonesia) di masa mendatang dan dapat membantu promosi Indonesia di negara asal peserta.

Wakil Menlu RI dan sejumlah pejabat Kementerian Luar Negeri, Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta dan sejumlah pejabat Pemprov DKI Jakarta, Duta Besar negara sahabat penerima BSBI, dan mahasiswa dari sejumlah universitas/perguruan tinggi yang berada di Jakarta dan sekitarnya hadir pada acara ini.