NEWS FLASH
Print E-mail
2016 Agustus - 2016 Diplomasi Agustus
Monday, 28 November 2016 08:29

Bahasa Indonesia Digunakan Sebagai Bahasa Pengantar Bersama Dengan Bahasa Vietnam

Pada resepsi peringatan HUT RI ke-71 yang diselenggarakan oleh Ho Chi Minh City Union of Friendship Organizations (HUFO) pada 24 Agustus 2016, Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar bersama dengan bahasa Vietnam. Hal ini merupakan showcase dari keberhasilan kerjasama pendidikan Indonesia-Vietnam. Keberhasilan ini dilengkapi dengan persembahan Tari Saman dan penyerahan Visa Kunjungan Seni Budaya (VKSB) kepada para penerima Beasiswa Darmasiswa Tahun Akademik (TA) 2016/2017.

Sejak HUFO merekrut lulusan University of Social Sciences and Humanities (USSH) Program Studi Indonesia pada 2012, Bahasa Indonesia menggantikan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pada acara peringatan HUT RI yang diselenggarakan oleh HUFO.

Tari Saman yang dipertunjukan oleh mahasiswa USSH Program Studi Indonesia, tampil begitu mempesona. Lagu Aceh yang dilantunkan serta sinkronisasi gerakan penari Saman ditampilkan dengan sangat memukau. Hal ini membuat bangga Konjen RI dan istri, serta sekitar 250 mahasiswa dan masyarakat Vietnam dari berbagai kalangan, serta masyarakat Indonesia yang tinggal di HCMC dan turut hadir dalam acara tersebut.

Selain tari Saman, mahasiswa USSH Program Studi Indonesia juga menampilkan tari Mambri dari Papua. Sementara itu, seorang penyanyi Vietnam menyanyikan lagu Rang Ro Vietnam dan tim kesenian mahasiswa Ho Chi Minh City University of Foreign Languages and Information Technology (HUFLIT) menampilkan tari Lotus yang semakin memperkental suasana persahabatan Indonesia-Vietnam khususnya people-to-people di kalangan di HCMC.

Menggaris bawahi kerjasama pendidikan Beasiswa Darmasiswa yang telah memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat kedua negara, Konjen RI memberikan arahan mengenai perlunya untuk mempublikasikan pemberian Beasiswa Darmasiswa RI TA 2016/2017 kepada 28 mahasiswa Vietnam, dimana pada peringatan HUT RI ke-71 tersebut dilaksanakan penyerahan VKSB secara simbolis kepada empat orang penerima Beasiswa Darmasiswa oleh Konjen RI dan Chairman HUFO.    

Melengkapi showcase kerjasama pendidikan tersebut dan sebagai penanda peringatan HUT RI ke-71, serta mempromosikan kuliner Indonesia, pada acara tersebut dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Konjen RI, Chairman HUFO dan Ketua Asosiasi Persahabatan Vietnam-Indonesia HCMC. (Sumber: KJRI Ho Chi Minh City)