NEWS FLASH
Print E-mail
2016 Agustus - 2016 Diplomasi Agustus
Monday, 28 November 2016 08:30

Papuan Night

Mempromosikan Budaya Dan Pariwisata Papua Melalui Pertunjukan Tarian, Lagu,  dan Penayangan Video

KJRI Perth pada 21 Agustus 2016 telah menyelenggarakan kegiatan Papuan Night bertempat di Kota Pelabuhan Fremantle Australia Barat. Kegiatan promosi budaya dan pariwisata Papua ini dihadiri oleh sekitar 300 tamu undangan, diantaranya anggota Parlemen Australia Barat Bill Johnston, Simone McGurk (State Member for Fremantle), Liz Behjat (Member for North Metropolitan Region), Commodore Bill Burbidge Burbidge (Fremantle Sailing Club), Ross Taylor (President of Indonesian Institute, Perth) Rev David de Kock, Sekjen Uniting Church of WA, Salim Youssef (President of Australia Arab Association), Simon Stringer (Business Relation Manager - DFAT) dan Phil Turtle (Vice President AIBC National).

Papuan Night bertujuan untuk mempromosikan budaya dan pariwisata Papua melalui pertunjukan tarian, lagu, dan penayangan video. Untuk menyukseskan acara ini KJRI Perth bekerja sama dengan BBIP dan KBRI Canberra memboyong pasangan sineas Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen, dan band Papua Pacenogei.

Di bawah bendera Alenia Pictures pasangan Suami Isteri Ale dan Nia mempersembahkan film dokumenter Uncover Papua. Film ini berkisah perjalanan mereka 80 hari berkeliling Papua dengan mengangkat kehidupan masyarakat Papua yang ramah, dan keindahan alam Papua. Papua adalah bagian dari Indonesia, Papua Sejahtera Indonesia Makmur, menutup penayangan film berdurasi 20 menit tersebut. 

Penampilan grup band Pacenogei yang diawaki oleh putera daerah Papua Michael, Nobo dan Steven menambah semarak acara tersebut. Beberapa hits lagu mereka seperti Tatinggal di Papua dan Su terlalu lama dibawakan dalam acara tersebut. Mereka pun mengajak penonton untuk menari tarian ala Papua Tari Yospan yang dipandu mahasiswa dan siswa asal Papua. 

Tamu undangan yang hadir terpesona dengan penayangan video destinasi wisata Raja Ampat di Papua Barat dan beberapa di antaranya menanyakan cara menuju ke Raja Ampat. Sementara itu Kelompok tari Jatayu Pro dan Selendang Sutera menampilkan tarian Papua dengan iringan musik Sajojo dan Yamko Rambe Yamko. Tarian ala Papua yang energik dan dinamis menambah Semarak acara sehingga para tamu ikut menari.‚Äč (Sumber: KJRI Perth)