NEWS FLASH
Print E-mail
2016 Agustus - 2016 Diplomasi Agustus
Monday, 28 November 2016 08:32

Penutupan Pelatihan Multimedia Bagi Negara-negara Asia, Pasifik, dan Afrika

Yogyakarta -  Direktorat Kerja Sama Teknik Kemlu RI telah menyelenggarakan pelatihan “Multimedia Training Course for Asia Pacific and African Countries”  yang dilangsungkan di Yogyakarta bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Multimedia (STMM) “MMTC” Yogyakarta yang ditutup pada tanggal 4 Agustus 2016. Kegiatan ini diikuti oleh 16 (enam belas) peserta dari 8 (delapan) negara di wilayah Asia, Pasifik dan Afrika yakni Fiji, Papua Nugini, Vanuatu, Afghanistan, Nepal, Timor Leste, Ethiopia, termasuk 4 (empat) peserta dari Provinsi Indonesia bagian timur yaitu Maluku, Papua, dan Papua Barat.

Pelatihan yang dilaksanakan sejak 25 Juli—4 Agustus 2016 ini menawarkan pendekatan yang komprehensif dan multidisiplin untuk penciptaan media. Kegiatan ini ditutup secara resmi oleh Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri, pada hari Kamis (04/08) di STMM. Acara penutupan dihadiri oleh perwakilan Kedubes peserta yang berkedudukan di Jakarta, pejabat di lingkungan Kemlu, dan STMM, serta sejumlah media setempat.

Acara penutupan dibuka dengan pemutaran hasil karya audio visual dari peserta yang terbagi dalam 4 kelompok. Masing-masing kelompok mencoba memotret kehidupan multikultur di Yogyakarta yang merupakan representasi dari keanekaragaman di Indonesia melalui sudut pandang pembauran ajaran Katolik dan Jawa, perpaduan budaya Cina dan Jawa, kerja sama antar agama, serta pendidikan tentang keberagaman.

Prof. Gati Gayatri, M.A., Plt. Ketua STMM, melaporkan bahwa pelaksanaan pelatihan diberikan dengan tema keragaman budaya di Indonesia yang ditinjau dari berbagai sudut pandang oleh peserta. Pelatihan juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk membuat karya jurnalistik, audio-visual, dan bahkan mengunggahnya ke dalam situs yang disiapkan sendiri. Prof. Gayatri menyatakan kebanggaannya bahwa meski berasal dari berbagai negara namun peserta mampu menyiapkan karya yang sangat baik dan sukses meski hanya disiapkan melalui proses hunting dalam satu hari saja.
 

Wakil dari peserta, Abdul Jamil Jahish, dari Afghanistan menyatakan apresiasinya atas pelatihan yang merupakan kesempatan bagi peserta untuk saling berbagi ilmu dan mendapatkan informasi baik tentang kemajuan teknologi informasi maupun pemahaman antar budaya masing-masing peserta. Sementara itu Kelly Daniel Vacala, peserta asal Fiji, juga menyampaikan apresiasi kepada Kemlu RI dan para STMM atas kesempatan yang ternilai untuk mengikuti pelatihan. Pengalaman yang diperolehnya selama mengikuti pelatihan termasuk kunjungan ke Candi Borobudur, wisata ke Gunung Merapi, dan berada di tengah masyarakat Yogyakarta.

Mewakili perwakilan negara peserta, Dubes Republik Demokratik Timor Leste, menyampaikan selamat kepada seluruh peserta yang telah sukses mengikuti pelatihan di kota Yogyakarta yang memiliki kekhasan dengan budaya Jawanya yang sangat kental.

Dalam sambutannya, Direktur Informasi dan Media, Siti Sofia Sudarma, menyampaikan bahwa revolusi teknologi informasi dan komunikasi saat ini terbukti telah membantu negara-negara berkembang mampu mengurangi kemiskinan berkat penetrasi internet. Hal tersebut perlu didukung guna mendorong masa depan yang lebih baik. Diharapkan pelatihan dapat mengembangkan kapasitas peserta selain membangun jejaring yang dapat digunakan untuk mengurangi jurnalisme yang lebih terpercaya.

Acara diakhiri dengan pembagian sertifikat kepada seluruh peserta dan sesi foto bersama. Kebersamaan dan kebahagiaan yang terpancar di wajah para peserta kiranya menimbulkan optimisme bagi kerja sama antar bangsa di bidang media.‚Äč[]