NEWS FLASH
Print E-mail
2016 Agustus - 2016 Diplomasi Agustus
Monday, 28 November 2016 08:32

Diplomasi Masuk Mall

Diplomasi masuk mall ada-lah keunikan perayaan HUT RI dan HUT Kemlu ke-71 yang diperingati mulai dari tanggal 19 Agustus 2016. “Diplomasi harus bisa dirasakan publik dimanapun mereka berada, ter-masuk di dalam mall”, demikian disampaikan Wakil Menlu RI A.M. Fachir saat membuka Pameran Foto Kemlu “Indonesia Berkarya: Kiprah Diplomasi Membangun Negeri” di Main Atrium, Lantai 1, Senayan City pada 21 Agustus 2016.Menurut Wakil Menlu, di-plomasi adalah sebuah aspek kehidupan yang bertujuan untuk memperjuangkan kepentingan publik secara keseluruhan. Karena, diplomasi harus seluas dan setajam mungkin menyentuh seluruh bidang kehidupan di masyarakat dan harus langsung dapat dirasakan.

“Apa yang ada di mall ataupun dimana pun juga tidak dapat dipisahkan dari kegiatan diplomasi”, tutur Wakil Menlu A.M. Fachir saat ditanya oleh awak media dan jurnalis yang hadir.Pameran Foto dan Talkshow yang diselenggarakan di Senayan City dalam rangka HUT Kemlu dan HUT RI yang ke-71 bertujuan untuk mendekatkan kegiatan diplomasi dengan publik. Foto-foto yang dipamerkan merangkum perjalanan diplomasi mulai dari jaman perjuangan kemerdekaan hingga kabinet Presiden Joko Widodo.

Pameran foto kali ini adalah yang pertama kali diselenggarakan di mall dan dilaksanakan dalam dua bentuk, yaitu cetak dan digital. Pameran Foto ini dilangsungkan hinggal tanggal 28 Agustus 2016.Selain Pameran Foto, acara di Senayan City juga menyuguhkan Talkshow yang mengangkat tema “Indonesia Kerja Nyata Merangkul Dunia dengan Karya”. Para pembicara yang dihadirkan adalah mereka yang telah berjasa mengharumkan nama Indonesia di berbagai bidang, khususnya di bidang ekonomi kreatif.

Talkshow menghadirkan tokoh-tokoh seperti, Joe Taslim (aktor internasional), Harris Thajeb (CEO Dentsu Aegis Network Indonesia), Tyovan Ari Widagdo (CEO Bahaso Social Enterpreneur), dan Dirjen Kerjasama ASEAN Kemlu, Jose Tavares.

Talkshow juga turut menghadirkan Dubes dan Perwakilan Internasional yang bertempat di Indonesia seperti Dubes India untuk Indonesia, Negcha Lhouvum, UN Resident Coordinator Indonesia, Mr Douglas Broderick dan Deputy Chief of Mission Kedubes AS, Brian McFeeters. Acara ini juga turut dihadiri pejabat Kementerian Luar Negeri, mahasiswa serta perwakilan Universitas, dan insan media nasional. (Sumber: Pusdiklat)