Januari 2018 Preivous Issue

Demokrasi di Wilayah Asia Pasifk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi yang Cukup Signifkan

Cecep Herawan Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik

Meskipun secara umum kondisi di Bali normal, namun aktivitas gunung Agung di Karangasem Bali yang terus berkembang berdampak pada erupsi yang akan mengganggu wilayah udara di sekitar Bali, sehingga penerbangan sewaktu-waktu dapat mengalami penundaan seperti yang terjadi pada beberapa waktu lalu. Dalam kaitan ini guna memberikan dan menjamin kenyamanan kepada para delegasi yang akan menghadiri Bali Democracy Forum ke-10, maka kami pemerintah telah memutuskan untuk memindahkan tempat penyelenggaraan Bali Democracy Forum yang ke-10 ke Indonesia Convention Exhibition (ICE) di Bumi Serpong Damai, Banten.

Sejauh ini calon delegasi perwakilan negara yang hadir pada acara BDF ke-10 telah menyampaikan pengertian mereka atas situasi tersebut. Pada BDF ke-10 ini, pemerintah Indonesia juga akan menyelenggarakan Bali Student Conference yang akan diikuti oleh 160 pelajar dan mahasiswa dari berbagai negara. Hal ini bertujuan agar generasi muda dapat memberikan pandangannya tentang demokrasi dan harapan mereka ke depan. Mereka, akan menyampaikan hasil pembahasan di Bali Student Conference itu kepada para pemimpin pada acara penutupan BDF ke-10. Tidak ada satu formula pun yang dapat digunakan oleh semua negara dalam menerapkan demokrasi. Oleh karena itu, forum seperti Bali Democracy Forum (BDF) sangat bermanfaat untuk bertukar pikiran dan berbagi pengalaman terkait dengan proses demokrasi. Dan saya melihat ada kemajuan yang dihasilkan di kawasan Asia Pasifik dengan pertukaran pikiran dan pengalaman terkait demokrasi ini.

Kenyataannya wilayah Asia Pasifik mengalami pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan. Kenapa pertumbuhan ekonomi menjadi penting terkait dengan demokrasi karena ada kenyamanan dalam bernegara dan berbangsa di negara-negara itu sehingga manfaat dari satu bentuk keterbukaan, kreatifitas yang berkembang menjadi terbuka negaranya terhadap investasi asing dan lain sebagainya sehingga dampak ekonominya cukup signifikan.

Tabloid Diplomasi Versi PDF

Tabloid Maret 2018

Tabloid Maret 2018