Current Issue Maret 2018

Forum Konsultasi Bilateral (FKB) Indonesia-Ethiopia

Pada tanggal 9 April 2018, menjelang pelaksanaan Indonesia Africa Forum (IAF) di Nusa Dua, Bali, Pemerintah Indonesia dan Ethiopia menyelenggarakan Forum Konsultasi Bilateral (FKB) Indonesia-Ethiopia yang pertama. Forum ini dipimpin bersama oleh Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kemlu RI, Dr. Desra Percaya dan Direktur Jenderal Asia dan Oseania Kemlu Ethiopia, Tsegab Kebebew. “FKB pertama Indonesia-Ethiopia ini adalah implementasi dari nota kesepahaman kedua Menteri Luar Negeri pada Januari 2015, yang bertujuan membahas berbagai isu yang merupakan kepentingan bersama guna tingkatkan kerja sama bilateral,” ujar Dirjen Desra.

Di bidang politik, kedua pihak mencatat peningkatan saling kunjung semenjak pembukaan Kedutaan Besar Ethiopia di Jakarta pada tahun 2016. Lebih lanjut, disepakati untuk mendorong kunjungan tingkat tinggi dan mempercepat penyelesaian Perjanjian Bebas Visa bagi Pemegang Paspor Dinas dan Diplomatik. Menyadari tren perdagangan Indonesia-Ethiopia yang terus menurun, kedua negara juga sepakat untuk mendorong peningkatan kerja sama perdagangan serta menjajaki kerja sama industri strategis. Kedua pihak mengapresiasi kemajuan rencana pembukaan penerbangan Ethiopian Airlines ke Jakarta pada tahun ini, yang merupakan penerbangan langsung pertama Indonesia dan Afrika.

Penerbangan ini diharapkan akan meningkatkan konektivitas Indonesia-Ethiopia dan Afrika pada umumnya. Di bidang sosial budaya, kedua pihak setuju untuk meningkatkan kerja sama pendidikan dan peningkatan SDM, termasuk percepatan finalisasi MoU Kerja Sama antar Pusdiklat Kemlu RI-Ethiopia. Dalam forum ini Indonesia menyampaikan bahwa perdamaian dan keamanan Afrika merupakan salah satu prioritas utama Indonesia, yang diwujudkan melalui kontribusi Indonesia pada berbagai misi pemeliharaan perdamaian PBB di kawasan Afrika. Sementara itu, Ethiopia mengapresiasi peran dan dukungan Indonesia dalam memastikan perdamaian yang berkelanjutan di Afrika dan menyampaikan dukungan terhadap pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, periode 2019-2020.[]

Tabloid Diplomasi Versi PDF

Tabloid Maret 2018

Tabloid Maret 2018