Current Issue Februari 2017

Mengukur Capaian Diplomasi Ekonomi

Ekspor Gerbong Kereta Api buatan Indonesia ke Bangladesh.

Dalam melihat capaian dan hasil Diplomasi Ekonomi yang sudah dilakukan oleh pemerintah, maka perlu dibuat sebuah indikator. Upaya diplomasi ekonomi yang dilakukan oleh Kemenlu RI idealnya dapat terukur dengan angka-angka, tapi ternyata tidak semua hal dapat terjadi secara instan tanpa melalui proses dan sistem yang mendukung.

Untuk mengukur capaian diplomasi ekonomi dapat dilihat dari kinerja ekspor, peningkatan kunjungan wisatawan asing dan peningkatan investasi asing. Terkait hal ini Kemenlu dalam melakukan diplomasi ekonomi, mempersiapkan secara matang, target, outputdan outcome-nya. Dan dari seluruh kegiatan yang dilaksanakan itu diharapkan bisa dicapai secara kongkrit, dimana ada komitmen dan juga realisasi secara nyata.

Misalnya pada pelaksanaan Trade Expo Indonesia, hasil yang dicapai secara nyata adalah berupa adanya transaksi. Karena itu Tim Diplomasi Ekonomi diharuskan untuk menempel para buyer secara ketat untuk bisa mendapatkan angkaangkanya. Namun demikian ada pengusaha asing yang tidak mau memberikan informasi karena bagi mereka itu merupakan rahasia perusahaan.

Akan tetapi yang penting dari penyelenggaraan Trade Expo Indonesiaitu adalah bahwa kegiatan tersebut mendapatkan perhatian yang sangat besar dari dunia usaha asing, dan menghasilkan transaksi yang cukup signifikan. Perusahaanperusahaan Indonesia, diharapkan bisa menjadi pemain dalam pasar global, karena itu kesiapan dunia usaha di dalam negeri perlu ditingkatkan. Produk-produk yang akan dijual itu harus memiliki standar internasional, terjamin dari sisi kualitas maupun kwantitasnya, serta memiliki pasokan produk yang cukup.

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori

Edisi Terbaru

Edisi Terbaru

Facebook Page