Februari 2017 Preivous Issue

Peningkatan Kerja Sama Ekonomi Di Kawasan Afrika Melalui Forum Regional

“Kerja sama dan dukungan Indonesia kepada pembangunan di Afrika bukan suatu hal baru, namun telah terjalin sejak semangat Dasasila Bandung 1955” ujar Menlu RI, Retno Marsudi pada sesi khusus Pertemuan Menlu G20, mengenai Cooperation with Africa, di Bonn, Jerman.

Pembahasan pada sesi terkahir pertemuan G-20 mengenai kerja sama dengan Afrika mendapat perhatian yang cukup tinggi dari para Menlu yang hadir. Dalam pertemuan Menlu RI menegaskan perhatian dan peran aktif Indonesia dengan negaranegara Afrika telah dilakukan sejak lama, yaitu tahun 1955 saat Indonesia menjadi tuan rumah KTT Asia Afrika.  “KTT Asia Afrika sangat signifikan, karena tidak saja mengawali dukungan dan kerja sama erat Indonesia dengan Afrika, namun juga menjadi dasar bagi terbentuknya kerja sama Selatan-Selatan,” tutur Menlu RI.

Menlu RI menjelaskan bahwa, bagi Indonesia selain melalui hubungan bilateral, kerangka kerja sama multilateral melalui Kerangka ‘Kerja Sama Selatan-Selatan’ dan ‘Kerja Sama Triangular’ juga sangat penting dalam memberi dukungan terhadap pembangunan di Afrika. Dalam konteks ini, Menlu RI menggarisbawahi keberhasilan berbagai inisiatif yang telah dilakukan Indonesia dalam kerja sama pembangunan dengan negara-negara di Afrika, termasuk melalui NAASP (New Asia Africa Strategic Partnership) tahun 2005 dan Capacity Development Project (CADEP), bersama Jepang.

Menlu RI juga menyampaikan bahwa dukungan dan kerja sama Indonesia dan Afrika mencakup berbagai bidang, termasuk pertanian, UKM, pemberdayaan perempuan, dan demokrasi. Indonesia akan terus memberikan prioritas kepada Afrika untuk tahun 2017, khususnya kerja sama dalam bidang perdagangan dan investasi di sektor-sektor strategis seperti energi dan infrastruktur.

Sebagai Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA), Indonesia juga akan mendorong kerja sama yang lebih erat dengan Afrika, khususnya di bidang maritim. “Berbagai langkah dan dukugan Indonesia diharapkan dapat mendukung upaya negaranegara Afrika merealisasikan African 2063 Agenda,” tutur Menlu RI.

Dalam pertemuan, Menlu RI mengajak anggota G20 untuk mempererat kerja sama dengan Afrika. Dukungan internasional bagi Afrika ini penting guna memastikan proses pembangunan, keamanan, dan kesejahteraan di Afrika. Dalam konteks ini, Menlu RI mengajak seluruh negara anggota G20 untuk memperkuat dukungan dan koordinasi dengan Afrika khususnya terkait peningkatan public private partnership yang lebih transparan dan efektif, bantuan pembiayaan (financing), peningkatan kapasitas dan program bantuan teknis. “Kerja sama yang lebih erat antara G20 dan Afrika bukan saja akan meningkatkan kesejahteraan bersama, namun juga akan berkontribusi terhadap perdamaian dan stabilitas global,” tutup Menlu RI

 

 KBRI CAPE TOWN
124 Rosmead Avenue,
Kenilworth 7708
Cape Town, South Africa
Telepon: +27 21 761 7015
Faksimili: +27 21 761 7022
Jam Kantor: 9:00 – 17:00

Kategori