Februari 2017 Preivous Issue

Produk Indonesia Sangat Kompetitif di Mesir

Mengawali kunjungan kerja ke Kairo, Mesir, pada 5 Februari 2017, Menlu RI Retno L.P. Marsudi melakukan pertemuan dengan pengusaha Indonesia yang telah berinvestasi di Mesir. Dalam kesempatan ini Menlu Retno mendengarkan berbagai peluang dan tantangan yang dihadapi pengusaha Indonesia di Mesir

Berbagai komoditas dan produk Indonesia seperti minyak kelapa sawit, kopi, mie instan dan ban kendaraan bermotor sudah unggul di pasar Mesir. “Produk Indonesia sangat kompetitif di Mesir, dengan pasar sekitar 92 juta orang di Mesir masih terdapat peluang sangat besar bagi produk lain untuk dikembangkan”, tutur Menlu Retno.

Selain sebagai pasar bagi produk Indonesia, Mesir juga dapat menjadi  pintu gerbang bagi pasar Afrika dan Timur Tengah. “Mesir memiliki infrastruktur pelabuhan dan konektifitas yang baik dengan pasar di Afrika dan Timur Tengah yang bisa dimanfaatkan oleh Indonesia”, jelas Menlu Retno.

Dari pertemuan dengan pengusaha Indonesia, juga diketahui banyaknya minat pengusaha Mesir terhadap produk UKM Indonesia. Peluang pasar bagi produk seperti kerajinan tangan dan produk perawatan untuk industri spa memiliki potensi besar. “Sekitar 90 persen pengusaha di Mesir adalah UKM dan memiliki minat atas produk dari Indonesia. Untuk itu kita harus dapat memfasilitasi ekspor produk Indonesia yang diminati pengusaha UKM di Mesir”, tutur Menlu Retno.

Selanjutnya, Menlu Retno melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Kerjasama Internasional Mesir, Dr. Sahar Nasr di Kairo. Dalam pertemuan, Menlu Retno secara khusus meminta agar akses pasar bagi produk Indonesia di Mesir dibuka lebih luas. Menlu Retno menekankan bahwa tarif impor berbagai produk Indonesia masih cukup tinggi. “Kita harus mencari mekanimse bilateral yang dapat menurunkan tarif bagi produk Indonesia di Mesir”, kata Menlu Retno.

“Untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, Indonesia dan Mesir sepakat segera aktifkan kembali mekanisme bilateral Komisi Bersama tingkat Menteri yang terkahir terlaksana tahun 2007”,kata Menlu Retno. Menlu Retno juga menyampaikan bahwa peningkatan diplomasi ekonomi ke kawasan Afrika merupakan salah satu prioritas Indonesia di tahun 2017.

Dalam kaitan ini, Menteri Kerja Sama Internasional Mesir menyambut baik langkah Indonesia yang telah mengidentifikasi besarnya potensi Afrika saat ini. Untuk itu kedua Menteri sepakat bekerja sama guna mendukung langkah Indonesia meningkatkan kerja sama ekonomi dengan negara-negara di Afrika.

“Dinamika dan tantangan global saat ini memerlukan kita untuk tingkatkan kerja sama antar negara secara bilateral maupun di forum internasional”, demikian disampaikan Menlu Retno. Pertemuan juga membahas perkembangan situasi global dan kawasan, seperti Asia Tenggara maupun Timur Tengah. Pada kesempatan tersebut, Menlu Retno menekankan pentingnya bagi Mesir dan Indonesia untuk terus berkontribusi secara konstruktif terhadap perdamaian dan stabilitas kawasan maupun global. Dalam kaitan ini Mesir menyambut baik berbagai langkah Indonesia untuk terus menjaga stabilitas dan perdamaian di Asia Tenggara, termasuk dalam upaya membantu situasi di Rakhine State Myanmar.

Pertemuan juga membahas berbagai tantangan yang dihadapi oleh dunia Islam. Dalam hal ini berbagai langkah Mesir dan Indonesia dalam melakukan interfaith dialog dan menyebarkan Islam yang damai perlu dilakukan secara bersinergi. Selain itu, penting juga agar kedua negara mengambil langkah bersama untuk lebih memberdayakan Organisasi Konferensi Islam (OKI). Dengan demikian OKI diharapkan dapat  berkontribusi lebih efektif dalam mengahapi berbagai tantangan dan pembangunan di dunia Islam.

“Kerja sama bilateral yang baik antara Indonesia dan Mesir harus juga berkontribusi dalam mendorong pembangunan dunia Islam dan memperkuat OKI sebagai organisasi yang efektif dalam mendukung kemajuan dunia Islam”, tutur Menlu Retno. Secara khusus Menlu Retno mengangkat isu mengenai perlindungan keamanan bagi  mahasiswa Indonesia mengingat terjadinya beberapa tindakan kriminal yang menimpa mahasiswa Indonesia.  Kemenlu Mesir berjanji akan memperhatikan masalah ini dan berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri.

KBRI Kairo:
13, Aisha El Taymouria Street, Garden City, Cairo, Arab
Republic of Egypt
Phone : (+20-2) 2794-7200/(+20-2) 2794-7209
Fax : (20-2) 2796-2495

Kedutaan Mesir di Jakarta
Jl. Teuku Umar No. 68 (Menteng) Jakarta Pusat, 10310

 

 

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori

Edisi Terbaru

Edisi Terbaru