Current Issue Maret 2017

Innovative Youth Project Menggalang Kesadaran Diplomasi Dikalangan Kawula Muda

Ketertarikan kalangan muda untuk menggeluti dan mengikuti acaraacara internasional semakin besar. Melalui jaringan persahabatan global mereka aktif menghadiri forum kebudayaan dan diplomasi. Melihat Trend ini, maka Kevin Busyra tertarik untuk mengenalkan anak muda dengan dunia diplomasi dengan mendirikan sebuah lembaga Innovative Youth Project.

Ketua Innovative Youth Project

Innovative Youth Project memiliki 5 program yaitu; Super Gathering, Super Social, Super Diplomacy, Super Visit dan Super Fashion. Sebagai organisasi baru dan independen, Innovative Youth Project membutuhkan sebuah diferensiasi dari organisasiorganisasi yang lainnya, karena itulah maka semua program kami menggunakan nama ‘super’. Hal tersebut hanya bersifat eye catching agar terkesan ‘wow’ atau keren.

Saat ini Innovative Youth Project memiliki 35 orang anggota, dimana struktur projek berupa programe base. Setiap program dijalankan oleh tim khusus agar lebih fokus. Program-program Innovative Youth Project dampaknya bersifat jangka panjang, karena itu dibutuhkan tenaga anakanak muda yang benar-benar fokus dan mendalami program tersebut.

Sejauh ini program Innovative Youth Project baru pada tahap sebagai fasilitator. Melalui berbagai macam koneksi dimiliki. Innovative Youth Project aktif melakukan diskusi dan bertemu dengan berbagai pihak yang kompeten di bidangnya Kegiatan pertama yang dilakukan Innovative Youth Project adalah program Super Gathering dimana pada tanggal 28 oktober 2016, betepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Saat itu Innovative Youth Project menyelenggarakan sebuah kegiatan bernama Dinner With CEO, yaitu salah satu bentuk gathering yang casual dimana kami mempertemukan para young entrepreneurs dengan pemerintah dan beberapa Top CEO.

Acara tersebut diselenggarakan di salah satu hotel di Jakarta, yang merupakan tempat yang cukup berkelas bagi anak-anak muda. Cukup banyak yang hadir pada acara tersebut, yaitu sekitar 70 orang, diantaranya CEO Sinar Mas, CEO IBM, dan ada juga beberapa CEO dari Singapura. Para CEO yang hadir pada saat itu berpandangan bahwa acara tersebut sangat bagus. Mereka sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, mengingat selama ini jarang sekali ada event yang mempertemukan para Young Entrepreneur yang belum punya nama dengan para top CEO, sehingga ini menjadi peluang yang bagus sekali untuk menjalin networking dan sekaligus juga membuat sesuatu yang baru setalah dilakukan diskusi dan mematangkan kreatifitas antara satu dan lainnya.

Program kedua Innovative Youth Project adalah Super Social yang merupakan sebuah inovasi program yang mendesain agar semua penduduk di Indonesia memiliki kesamaan peluang untuk memperoleh masa depan yang lebih baik. Saat ini, Innovative Youth Project sedang menyelenggarakan program Super Diplomacy, dimana kami membuat awareness mengenai betapa pentingnya para pemuda untuk go internasional melalui diplomasi.

Di bidang apapun mereka berkecimpung atau apapun karir mereka, mereka pasti membutuhkan skill untuk berdiplomasi, khususnya yang mengacu kepada skill individu, yaitu bagaimana caranya bernegosiasi untuk menarik perhatian orang agar menuju kepada apa yang kita inginkan. Diplomasi itu bukan hanya untuk orang yang ingin menjadi diplomat, melainkan sebuah skill tentang bagaimana caranya bernegosiasi dan berbicara kepada orang lain.

Jadi target dari program ini tidak spesifik kepada para anak muda yang ingin menjadi diplomat atau bekerja di Kementerian Luar Negeri. Ilmu berdiplomasi ini memang harus diberikan kepada seluruh generasi muda, mengingat perkembangan teknologi komunikasi digital yang sudah sangat maju. Saat ini, komunikasi sudah tidak ada batasnya lagi, sehingga kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja dan dari mana saja termasuk dari luar negeri.

Karena itu, generasi muda harus dibekali dengan kemampuan berdiplomasi, yang baik agar dapat mempresentasikan Indonesia dengan baik. Kemampuan berdiplomasi anak-anak muda ini tentunya juga akan membantu perkembangan Indonesia. Namun sayang kalangan muda belum memahami secara tepat apa dan bagaimana berdiplomasi.

Melalui program ini Innovative Youth Project akan mengunjungi kampuskampus untuk menanamkan ilmu berdiplomasi. Kegiatan ini dilakukan semata-mata untuk menanamkan kesadaran mengenai betapa pentingnya ilmu berdiplomasi. Dari semua program yang dilakukan oleh Innovative Youth Project, semuanya memiliki benang merah yang bertujuan untuk mengharumkan nama bangsa dan negara

Kategori

Edisi Terbaru

Edisi Terbaru