Maret 2017 Preivous Issue

IORA Action Plan 2017-2021 : Keselamatan dan Keamanan Maritim – Mempromosikan keselamatan dan keamanan maritim di kawasan

Inisiatif jangka pendek: Membentuk Kelompok Kerja (Pokja) IORA untuk Keselamatan dan Keamanan Maritim; Meningkatkan kerja sama dengan Kantor dan Instansi PBB untuk mendukung Pokja IORA dalam mengatasi tantangan keselamatan dan keamanan bersama; Mendorong negara anggota untuk menandatangani MoU IORA tentang SAR (Search and Rescue); Eksplorasi pembentukan Institut Maritim Malaysia sebagai IORA Centre di bidang keselamatan dan keamanan maritim.

Inisiatif jangka menengah: Melaksanakan program pelatihan dan peningkatan kapasitas; Penerapan MoU IORA tentang SAR; mengeksplorasi lebih lanjut proposal untuk membangun IORA Cenres di bidang keselamatan dan keamanan maritim.

Inisiatif jangka panjang; Eksplorasi jaringan pengawasan regional berbagai lembaga negara-negara anggota yang sudah ada, termasuk sharing data dan pertukaran informasi mengenai sistem transportasi maritim.

Fasilitasi Perdagangan dan Investasi – Meningkatkan kerjasama perdagangan dan investasi di kawasan. Inisiatif jangka pendek: Mengorganisir pengembangan kapasitas dan dukungan teknis mengenai perdagangan dan investasi regional dengan fokus pada fasilitasi dan reduksi hambatan perdagangan, termasuk melalui kerjasama yang lebih erat dengan Pokja Perdagangan dan Investasi (Working Group on Trade and Investment /WGTI); Memperkuat kerjasama regional untuk promosi UKM; Membangun sebuah platform online IORA (IORA Trade Repository) untuk memberikan informasi tentang tarif dan rules of origin untuk membantu dan meningkatkan fasilitasi perdagangan dan bisnis; Membentuk IORA Guide for Investment untuk membantu mempromosikan investasi. Inisiatif jangka menengah: Merevitalisasi Indian Ocean Rim Business Forum (IORBF) sebagai platform untuk berbagi informasi tentang perdagangan dan investasi dan memperkuat hubungan antara WGTI, Kamar Dagang IORA dan sektor swasta; Mengeksplorasi kemungkinan promosi dan kerja sama di bidang jasa keuangan antara negara-negara anggota. Inisiatif jangka panjang: Eksplorasi kelayakan IORA Bisnis Travel Card (IBTC) untuk meningkatkan integrasi ekonomi antara negara-negara anggota.

Pengelolaan Perikanan – Mempromosikan manajemen dan pengembangan perikanan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab. Inisiatif jangka pendek: Merevitalisasi FSU melalui pelaksanaan FSU Action Plan; Menandatangani MoU dengan FAO dan IOTC untuk pengembangan pengelolaan perikanan regional dan berbagi informasi. Inisiatif jangka menengah: Melaksanakan proyek peningkatan kapasitas bersama dengan FAO dan organisasi terkait, termasuk budidaya untuk mengatasi ketahanan pangan. Inisiatif jangka panjang: Mengeksplorasi mekanisme IORA untuk memerangi illegal, unreported and unregulated (IUU) fishing. Manajemen Risiko Bencana – Meningkatkan ketahanan dan respon terhadap manajemen risiko bencana. Inisiatif jangka pendek: Meningkatkan kerjasama dengan Inter-governmental Oceanographic Commission (IOC-UNESCO), serta organisasi dan lembaga multilateral lainnya. Inisiatif jangka menengah: Mengeksplorasi penciptaan IORA Center untuk berbagi informasi manajemen risiko bencana, keahlian dan praktik terbaik, serta pelaksanaan program pelatihan dan pengembangan kapasitas. Inisiatif jangka panjang: Membangun ketahanan melalui sistem peringatan dini, latihan regional, dan pelatihan pengurangan risiko bencana yang terkoordinasi.

Kerja sama Akademik, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi – Memperkuat kerjasama akademik, ilmu pengetahuan dan teknologi. Inisiatif jangka pendek: Memperkuat Indian Ocean Rim Academic Group (IORAG); memperkuat Regional Centre Ilmu Pengetahuan dan Alih Teknologi (Regional Centre for Science and Technology Transfer /RCSTT); melembagakan Indian Ocean Dialogue sebagai mekanisme tahunan untuk multi-sektor dan keterlibatan jalur 1,5; Membuat data base lembaga pendidikan tinggi yang diakui oleh negara-negara anggota. Inisiatif jangka menengah: Memperkuat kerjasama dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi di Samudera Hindia, termasuk University Mobility in the Indian Ocean Region (UMIOR); Mendukung RCSTT untuk mempromosikan ilmu pengetahuan dan teknologi; Memperkuat IORAG melalui berbagi informasi dan pengetahuan; Melaksanakan program pelatihan dan peningkatan kapasitas; Melakukan studi kelayakan Universitas Teknis dan Kejuruan Samudera Hindia di Bangladesh. Inisiatif jangka panjang: Mengeksplorasi proyek-proyek kerjasama dengan International Solar Alliance dan IRENA. Pariwisata dan Pertukaran Budaya – Mendorong pariwisata dan pertukaran budaya. Inisiatif jangka pendek: Membentuk Core Group Pariwisata; Memperkuat Core Group Budaya. Inisiatif jangka menengah: Melakukan studi kelayakan untuk mengeksplorasi potensi pariwisata kapal pesiar; mendirikan IORA Tourism Resource Centre dan website di Kesultanan Oman Inisiatif jangka panjang: Mengembangkan proyekproyek peningkatan kapasitas bersama di sektror pariwisata, termasuk pariwisata berbasis masyarakat untuk mereduksi kemiskinan, warisan budaya dan ekowisata. Blue Economy – Memanfaatkan dan mengembangkan blue economy di kawasan. Inisiatif jangka pendek: Membentuk Pokja Blue Economy; Menerapkan hasilhasil lokakarya Blue Economy Core Group serta pertemuanpertemuan tingkat Menteri dan pejabat tinggi. Inisiatif jangka menengah: Mengembangkan mekanisme kerjasama yang sesuai untuk pembangunan berkelanjutan di sektor blue economy, termasuk program-program pelatihan dan pengembangan kapasitas. Inisiatif jangka panjang: Meningkatkan taraf hidup masyarakat pesisir melalui program pembangunan kapasitas. Pemberdayaan Ekonomi Perempuan – Mempromosikan kesetaraan gender serta pemberdayaan perempuan dan anak perempuan. Inisiatif jangka pendek: Membentuk Pokja Pemberdayaan Ekonomi Perempuan; Membentuk Forum Bisnis Perempuan di dalam Indian Ocean Rim Business Forum (IORBF).

Inisiatif jangka menengah: Menjalin kerja sama dengan UN- Women dan organisasiorganisasi yang relevan untuk peningkatan kapasitas dan pertukaran informasi; Inisiatif-inisiatif terbaik untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi perempuan, seperti misalnya Prinsip-Prinsip Pemberdayaan Perempuan; Melaksanakan program pelatihan dan pengembangan kapasitas. Inisiatif jangka panjang: Mengorganisir kegiatankegiatan untuk memperkuat kapasitas ekonomi dan partisipasi perempuan dalam bisnis.

Pengaturan Kelembagaan dan Perluasan Keterlibatan – Penguatan Sekretariat IORA dan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan. Inisiatif jangka pendek: Memperkuat kapasitas Sekretariat IORA untuk mendukung negara-negara anggota dan memperdalam kerja sama regional; Memperkuat administrasi dan fungsi Dana Khusus IORA untuk melaksanakan programprogram pembangunan berkelanjutan; Menjalin kerja sama dengan badan-badan regional lainnya seperti Uni Afrika dan ASEAN. Inisiatif jangka menengah: Melakukan program-program outreach dan diplomasi publik; Memperkuat keterlibatan dengan negara-negara Mitra Dialog melalui kolaborasi kongkrit; Menyelenggarakan pertemuan-pertemuan tingkat menteri, pejabat tinggi atau para ahli yang diperlukan untuk mempromosikan prioritasprioritas IORA dan bidangbidang lintas-sektor. Inisiatif jangka panjang: Memperdalam kerjasama antara akademisi, pelaku bisnis, pemerintah, masyarakat sipil serta badan-badan regional dan multilateral; Mengeksplorasi pembentukan Dana Pembangunan IORA

 

 

 

 

Kategori