Current Issue Maret 2017

Kemlu RI dan Universitas Budi Luhur Gelar Simulasi Sidang Bali Democracy Forum

Kementerian Luar Negeri RI bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Budi Luhur kembali menyelenggarakan kegiatan Junior Short Diplomatic Course (JSDC) Simulation of Bali Democracy Forum (BDF) IX di Kampus Universitas Budi Luhur, Ciledug, Jakarta. Tema kegiatan sesuai dengan BDF IX yaitu “Religion, Democracy, and Pluralism”. (22/3)

Dalam pembukaan, Ketua HIMAHI Universitas Budi Luhur, Fahrel W. menyebutkan dalam laporannya bahwa kegiatan JSDC telah berlangsung sebanyak 17 kali, dan simulasi sidang BDF telah dilaksanakan semenjak tahun 2013. Kegiatan JSDC tersebut diikuti oleh para pelajar tingkat SMA se-Jakarta dan Tangerang.

“Bali Democracy Forum IX sangat relevan dengan keadaan Indonesia saat ini. Dalam berdiplomasi kita juga harus mengandalkan soft-power. Penting untuk mempersiapkan sumber daya manusia terdidik dengan nilainilai kebudiluhuran,” ujar Prof. Dr. Sc. Agr. Ir. Didik Sulistyanto, Rektor Universitas Budi Luhur, dalam sambutannya di hadapan para peserta.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Diplomasi Publik, Al Busyra Basnur, sampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan, mengingat kegiatan tersebut sangat penting karena dapat menanamkan nilai – nilai demokrasi khususnya kepada peserta pelajar SMA/K sebagai generasi muda. Kegiatan juga berguna untuk memperkenalkan tata cara pelaksanaan sidang melalui peranan peserta sebagai diplomat.

Simulasi yang diikuti oleh sekitar 240 pelajar dan guru dari 24 SMA/K se-Jakarta dan Tangerang berjalan dengan baik. Para peserta, diberi kesempatan untuk berperan menjadi Presiden, Menteri Luar Negeri, Duta Besar, dan representatif dalam menyampaikan best practices dan sharing of experiences dalam berdemokrasi di negara masing-masing. Pada akhir simulasi, Tim Juri yang diketuai oleh Duta Besar Sunten Z. Manurung memberikan penghargaan untuk 4 kategori pemenang, yaitu SMAN 29 Jakarta sebagai Best Speaker dan Country Statement (Best Position Paper), SMA Catholic St. John untuk Best Delegate dan Best Country Team. (Sumber: Dit. Diplomasi Publik / Infomed)

Kategori

Edisi Terbaru

Edisi Terbaru