Maret 2017 Preivous Issue

MAN 1 Makassar Kenali Dunia Diplomasi di Kemlu

Kementerian Luar Negeri telah menerima kunjungan 50 pelajar yang didampingi 4 orang guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Makassar (27/3). Kunjungan tersebut merupakan bagian dari program study tour MAN 1 Makassar ke beberapa kota di Jawa. Adapun tujuan kunjungan ke Kementerian Luar Negeri adalah untuk memperoleh informasi serta meningkatkan pengetahuan mengenai diplomasi dan politik luar negeri langsung dari pejabat di Kementerian Luar Negeri.

Rombongan MAN 1 Makassar diterima oleh Kasubdit Isu-isu Aktual dan Strategis (IAS), Direktorat Diplomasi Publik, yang menyampaikan apresiasi atas kunjungan rombongan. Selanjutnya, Kasubdit IAS menyampaikan paparan singkat mengenai tugas pokok Kementerian Luar Negeri dan Perwakilan RI, profesi diplomat dan tugas utamanya serta program-program kegiatan diplomasi publik yang sebagian besar melibatkan kalangan pemuda.

Secara khusus disampaikan pula informasi mengenai program dialog lintas agama, dimana Indonesia yang berpenduduk mayoritas Islam ingin berbagi informasi dan pengalaman dengan negara lainnya tentang kerukunan hidup antar umat beragama di Indonesia. Dalam bahasa yang sederhana, dijelaskan bahwa keberagaman Indonesia — baik dari segi budaya maupun agama – namun tetap dapat hidup berdampingan secara harmonis, merupakan aset diplomasi publik yang penting dalam mendukung pencapaian kebijakan luar negeri dan citra Indonesia di masyarakat internasional.

Para pelajar tampak menyimak paparan yang disampaikan dan antusias menanyakan berbagai hal seperti bagaimana pelajar/ pemuda dapat melakukan diplomasi tanpa harus menjadi diplomat, bagaimana cara untuk dapat menjadi diplomat, apa saja yang dilakukan oleh Perwakilan RI dalam melindungi TKI, dan sebagainya. Pimpinan rombongan menyampaikan apresiasi atas penerimaan kunjungan mereka ke Kementerian Luar Negeri

Kategori