Mei 2017 Preivous Issue

Kemenlu Dan IGA Intensifkan Promosi Makanan Indonesiaoleh

Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir menyatakan bahwa Indonesia adalah negara yang kaya dengan keanekaragaman budaya dan juga kulineri. Keanekaragaman budaya dan kulineri tersebut harus dipromosikan semuanya. Hal ini menjadi tugas dan sekaligus tantangan bagi semua pihak. Oleh karena itu, Kementerian Luar Negeri mendukung rencana kegiatan promosi makanan Indonesia oleh Asosiasi Gastronomi Indonesia (Indonesian Gastronomy Association/ IGA) melalui kegiatan “Indonesia International Gastro-StreetFood Festival”, pada 22-26 November 2017 di Senayan, Jakarta.
Hal tersebut disampaikan  oleh Wakil Menlu RI pada Jamuan Minum Teh (high tea) yang diselenggarakan di Jakarta pada 19 Mei 2017 dan dihadiri oleh para Duta Besar dan pejabat diplomatik negara-negara sahabat, para pejabat dari Kementerian Luar Negeri, dan para pejabat dari Kementerian lainnya. Kegiatan jamuan minum teh tersebut diselenggarakan untuk memaparkan rencana kegiatan “Indonesia International Gastro-StreetFood Festival” yang merupakan kolaborasi antara Kemenlu, Kemendagri, dan IGA.Wakil Menlu A.M. Fachir selanjutnya menyampaikan bahwa kulineri Indonesia tidak hanya ‘Nasi Goreng’  atau ‘Rendang’, tetapi masih banyak lagi.

Oleh karenanya diperlukan suatu strategi untuk mempromosikan keanekaragaman makanan Indonesia, sehingga tidak hanya ‘Nasi Goreng’ atau ‘Rendang’ itu saja yang dikenal. Untuk itulah diperlukan suatu strategi yang dapat mempromosikan berbagai masakan tersebut sekaligus.Presiden IGA, Indra Ketaren pada kesempatan tersebut juga memaparkan bahwa rencana kegiatan akan mengusung tema “A Gastronomical Delight in the Land of Spices”. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mempromosikan seni masakan Indonesia dan membangkitkan kesadaran adanya “hidden treasure” seni memasak dan masakan-masakan khas Indonesia dari berbagai etnik. Selain itu juga akan dipamerkan masakan-masakan khas dari negara-negara lain.Indra Kateran berharap melalui kegiatan ini dapat menjadi awal gerakan diplomasi budaya di Indonesia ke dunia dengan menggabungkan antara budaya dan masakan dari berbagai etnik Indonesia.

 

 

 

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori