Current Issue Mei 2017

Outstanding Students for the World (OSTW) 2017 ke India: Promosi Industri Start Ups Indonesia

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, c.q. Direktorat Diplomasi Publik, Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik (Ditjen IDP) mengadakan kegiatan Outstanding Students for the World (OSTW) pada 20-30 April 2017. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya Kemenlu untuk meningkatkan people to people contact, mempromosikan prestasi pemuda Indonesia di luar negeri khususnya di bidang wirausaha, mendorong peningkatan hubungan dan kerjasama baru Indonesia dengan India terutama di sektor informasi dan teknologi.

Kegiatan OSTW 2017 melibatkan 12 (dua belas) mahasiswa Indonesia terpilih yang memiliki prestasi kewirausahaan dengan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi. Mereka terdiri dari: Andrian Yulianto (PPM School of Management, Jakarta), Farandi Kusumo (Universitas Prasetiya Mulya, Jakarta), Geraldy Dzakwan (Institut Teknologi Bandung), Lia Andarina Grasia (Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta), Maikel Imanuel (Universitas Prasetiya Mulya, Jakarta), Michael Jovan Sugianto (Universitas Bina Nusantara, Jakarta), Michael Stefanus (Universitas Prasetiya Mulya, Jakarta), Muhamad Haris Zamaludin Setiadiputra (Institut Pertanian Bogor), Rizal Justian Setiawan (Universitas Negeri Yogyakarta), Teguh Satrio Wibowo (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya), Yohanes Boho (Universitas Ciputra, Surabaya), dan Zandhika Alfi Pratama (Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya).

Rangkaian kegiatan OSTW 2017 dimulai dengan pembukaan secara resmi oleh Plt. Direktur Jenderal IDP dan pembekalan selama 3 (tiga) hari di Jakarta. Selanjutnya rombongan delegasi OSTW 2017 melakukan kunjungan ke Bengaluru, Pune, dan Mumbai. Kunjungan delegasi OSTW ke India, khususnya ke Bengaluru, didasari pertimbangan bahwa Bengaluru merupakan salah satu wilayah dengan fasilitas dan pusat pengembangan teknologi komunikasi dan informasi terbaik di dunia.

Kegiatan kunjungan delegasi OSTW 2017 di India terlaksana dengan baik atas kerja sama dengan KJRI Mumbai, dimana di India, delegasi OSTW 2017 melakukan kunjungan ke tiga tempat, yaitu: Bengaluru, Pune dan Mumbai. Di Bengaluru, delegasi OSTW berkunjung ke: Karnataka Biotechnology and Information Technology Services (KBITS), NASSCOM Startup Warehouse, Center of Management Studies, Jain University, Infosys Ltd, Wipro Ltd, International Insitute of Information Technology Bangalore, Institute Bioinformatics and Applied Biotechnology, PES University, HackerEarth, dan Gojek Indonesia.Di Pune, delegasi OSTW berkunjung ke Japfa dan Bajaj Auto Ltd. Sedangkan di Mumbai, delegasi OSTW melakukan Business Meeting dengan pelaku usaha India dan Indonesia yang berbasis di Mumbai, disamping juga mengunjungi Sun Pharmaceuticals dan Shapoorji Pallonji & Co. Ltd.Selama pelaksanan kegiatan di India, peserta OSTW 2017 mempresentasikan mengenai bisnis yang mereka jalankan dan mendapatkan apresiasi yang tinggi dari para pelaku bisnis dan akademisi di India.

“Saya tidak menyangka banyak talenta muda Indonesia yang mempunyai bisnis yang menjanjikan dan fasih berbahasa Inggris” ujar Senior Manager Facilities Infosys Ltd, Mr. Meghraj Mookerji.Selain itu, peserta OSTW 2017 juga mendapatkan banyak pembelajaran mengenai industri startups di India, khususnya mengenai pembangunan ekosistem startups di Bengaluru sehingga mendapatkan julukan sebagai Silicon Valley of India, fasilitas inkubasi dan pendanaan oleh pemerintah India sehingga menciptakan iklim kompetitif yang mendorong startup untuk memiliki inovasi baru.[]

 

Kategori