Mei 2017 Preivous Issue

Pabrik Kopi di Kairo Serap 48 Kontainer Biji Kopi Indonesia Per-Tahun

Duta Besar RI Cairo, Helmy Fauzy meresmikan pabrik pengolahan kopi perusahaan Mesir Konooz El Bon Abdel Ma’boud di kawasan Industri 6 Oktober City, Giza (3/6).

Duta Besar RI Cairo, Helmy Fauzy didampingi Wakeppri, Kemal Haripurwanto, Atase Perdagangan, Burman Rahman, Chairman Konooz El Bon Abdel Ma’boud Co, Mohamed Sobhi Mohamed Hassan Naeem menggunting pita sebagai tanda peresmian pabrik pengolahan kopi Perusahaan Mesir Konooz El Bon Abdel Ma’boud pada Sabtu (3/6) di Kawasan Industri 6 October City, Giza. Hadir dalam acara tersebut Chairman Haggag Co, Dr. Hassan Haggag, Chairman El Nada Co Alexandria, Dr. Khaled Fawzi, serta direksi Konooz El Bon Abdel Ma’boud dan staf KBRI Cairo.

Chairman Konooz El Bon Abdel Ma’boud Co, Mohamed Sobhi Mohamed Hassan Naeem (jas putih) bersama Duta Besar Helmy Fauzy dan pegawai Konooz El Bon Abdel Ma’boud Co. (8/6

Dalam sambutannya, Mohamed Sobhi menyampaikan apresiasi atas dukungan yang diberikan Duta Besar RI di Cairo beserta jajarannya yang tidak henti-hentinya mensuplai informasi terkait perkembangan kopi Indonesia. Mohamed Sobhi menerangkan bahwa saat ini dengan adanya pabrik pengolahan kopi yang baru ini dapat mengkonsumsi 4 kontainer biji kopi per bulan dari Indonesia dan setahunnya 48 kontainer dengan nilai USD 2 juta atau setara dengan Rp. 26 miliar.Lebih lanjut Sobhi berharap dalam 1 tahun ke depan, pabrik pengolahan kopi yang baru ini dapat memproduksi 4-8 kontainer per bulan.

Dengan berjalannya produksi pengolahan kopi yang sudah berdiri sejak tahun 1940 ini semakin memperkuat ketersediaan produk kopi bubuk untuk wilayah Cairo dan sekitarnya. “khususnya di kawasan 6 October City Giza kami telah memiliki 5 kedai kopi Abdul Ma’boud yang dapat dijangkau oleh masyarakat penikmat kopi,” ujarnya.Duta Besar Helmy Fauzy dalam sambutannya memberi apresiasi atas loyalitas Mohamed Sobhi yang sejak 2011 menghadiri pameran dagang Trade Expo Indonesia (TEI) Jakarta.

Dubes Helmy berharap agar dengan adanya pabrik kopi ini dapat berKontribusi untuk memenuhi kebutuhan pasar kopi di Mesir saat ini. “Kehadiran pabrik kopi Abdel Ma’boud memberi dampak positif terhadap para penikmat kopi di Mesir, juga dengan kehadiran Biji Kopi Indonesia ini membantu para pelaku usaha penggilingan kopi tradisional Mesir untuk dapat bersaing dengan rantai kedai kopi multinasional yang hadir di Mesir. Pabrik kopi Abdel Ma’boud dapat melakukan inovasi produk dan jenis kopi sesuai kebutuhan pasar dengan cita rasa khas kopi Arab,” tegasnya.Dalam kesempatan tersebut, Atase Perdagangan KBRI Cairo, Burman Rahman menyampaikan rencana kegiatan “Peningkatan Ekspor Kopi ke Mesir” yang direncanakan akan digelar pada bulan Agustus- September 2017 mendatang. Burman berharap agar para petani kopi Indonesia lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas produk kopi tanah air mengingat animo penikmat kopi di Mesir sangat tinggi. (KBRI Cairo)

 

Kategori