Surat Pembaca

Surat Pembaca Edisi 15 Mei – 14 Juni 2017

Peringatan Hari Kelahiran Pancasila yang diselenggarakan di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, saya kira harus dijadikan momentum oleh Kemenlu RI untuk menjadi ujung tombak dalam pengamalan nilai-nilai Pancasila. Pancasila merupakan sebuah pemikiran maju, kesadaran dan pemahaman yang tinggi dari para pendiri negeri ini terhadap kodrat bangsa Indonesia yang terdiri dari beragam etnis, bahasa, budaya, adat-istiadat, agama dan kepercayaan.

Namun dengan perkembangan dunia yang terjadi sekarang ini, yaitu berkembangnya radikalisme, maka kita harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sesuai dengan Pancasila dan dicoba upayakan untuk masuk ke Indonesia. Berbagai program yang dimiliki oleh Kemenlu RI, khususnya dalam ranah diplomasi publik, seperti Bali Demokrasi Forum (BDF), Interfaith Dialogue, Intermedia Dialogue, Outstanding Student for The World (OSTW), serta Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) adalah program-program yang saya kira dapat dikembangkan di dalam negeri sebagai upaya dalam menangkal pemahaman dan gerakan yang tidak sesuai dengan Pancasila.

Melalui program-program tersebut kita dapat menjadikan masyarakat dalam negeri untuk lebih mengenal jatidirinya sebagai bangsa yang pluralistik, toleran, demokratis, dan progresif, serta open minded, dimana berbagai ekspresi budaya tradisional dan kontemporer dapat hidup berdampingan tanpa melebur identitas masing-masing, dan berbagai aktivitas keagamaan dapat dilakukan dalam suasana tenteram dan damai. Dalam hal ini, tentunya Kemenlu RI harus bekerja sama dengan seluruh Lembaga dan Kementerian terkait, organisasi kemasyarakatan seperti Muhammadiyah dan NU, organisasi keagamaan, tokoh agama dan masyarakat, akademisi dan universitas, serta media agar program-program tersebut dapat diaplikasikan dengan baik di berbagai lapisan masyarakat. Rosmiati Spd.I Unisma, Bekasi.

 

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori