Juni 2017 Preivous Issue

Soft Diplomacy Darmasiswa : Menyiapkan Duta Indonesia di Berbagai Negara

Desy C Nguyen (tengah), mahasiswa Darmasiswa asal Vietnam saat tampil dalam Malang Festival Carnival UM, diHelipad UMM, Selasa (9/5). Info lebih lanjut, silahkan hubungi : darmasiswa.kemendikbud.go.id.

Pemerintah Indonesia melalaui Kerjasama antara Kementerian Pendidikan & Kebudayaan dan Kementerian Luar Negeri menyelenggarakan program beasiswa setiap tahun sejak 1974 yaitu Beasiswa Darmasiswa. Program beasiswa ini merupakan salah satu bentuk pendekatan soft diplomacy, yaitu diplomasi melalui pendekatan budaya.

Beasiswa ini diperuntukan untuk mahasiswa asing yang berasal dari negara-negara yang memiliki hubungan diplomasi dengan Indonesia.

Selain untuk mempererat hubungan budaya dan toleransi antara Indonesia dan negara-negara yang terkait, program beasiswa ini bertujuan untuk memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia pada generasi muda dari seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu, penerima beasiswa Darmasiswa akan ditempatkan di salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang telah ditunjuk oleh Kemdikbud untuk mempelajari bahasa Indonesia dan/atau budaya Indonesia seperti tari-tarian, musik, dan karya seni lainnya.

Puncak acara darmasiswa 2016 ditutup dengan International Gathering . Sebelum kembali ke negaranya masing-masing, sebanyak 540 mahasiswa asing dari 78 negara yang selama setahun terakhir belajar di berbagai kampus di Indonesia, mengikuti International Gathering di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) selama tiga hari, Senin–Rabu (8–10/5).

Ke-540 mahasiswa tersebut merupakan penerima beasiswa Darmasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) untuk mempelajari bahasa dan budaya Indonesia.

”Ini adalah bagian dari soft diplomacy. Mereka disiapkan menjadi duta Indonesia di berbagai belahan dunia,” kata Ketua Panitia International Gathering Soeparto.

Selama kegiatan itu, para warga asing tersebut mendapatkan penguatan informasi tentang bahasa, budaya, dan pariwisata di Indonesia. Tak hanya pembekalan, mereka juga akan menampilkan berbagai pertunjukan, seperti nyanyian daerah, lagu-lagu nasional, hingga menari.

Pengalaman menampilkan budaya Indonesia ini akan berguna kelak ketika mereka diundang untuk tampil pada kegiatan Kedutaan Besar untuk Indonesia di masing-masing negara mereka,. Para mahasiswa asing penerima beasiswa Darmasiswa bergantian unjuk gigi. Mereka menampilkan kearifan lokal Indonesia. Seperti tarian, penampilan musik tradisional, stand up comedy, dan masih banyak lagi. []

 

Kategori