Current Issue Juli 2017

Apa Kata Mereka ? BSBI Program Menakjubkan dan Inspiratif

LAZZAT JUMATAEVA
(Peserta BSBI 2017 dari Uzbekistan)

Sebelum bergabung dengan BSBI, saya bahkan tidak bisa membayangkan bahwa program ini akan menjadi ‘bom’ ! BSBI adalah program yang memberi para peserta pengalaman baru, teman baru, kenangan baru dan perasaan baru. Kami pernah diberitahu di Kementerian Luar Negeri RI, bahwa “BSBI adalah program yang mengubah hidup” … apakah kata-kata ini benar ??

Saya belum pernah jauh dari keluarga saya sebelumnya – program ini adalah perjalanan besar saya ke luar negeri. Saya belajar banyak, saya banyak melihat dan banyak merasakan. Dan salah satu alasan paling penting untuk selalu bahagia berada di Indonesia adalah bahwa orang-orang yang mengelilingi saya selama ini – Ibu (ibu Diaztiarmi), para anggota sanggar Tydif, para guru, para relawan, dan Tim kami Tim Surabaya, yang menempatkan diri sebagai keluarga saya.

Saya juga memperoleh berkah berupa teman-teman baru yang setia – orang-orang yang selalu mendukung dan menghibur saya, orang-orang yang berkontribusi terhadap perubahan pandangan saya terhadap banyak aspek kehidupan. Setiap anggota Keluarga Besar Surabaya kami telah memainkan peran integral selama program berlangsung – masing-masing seperti potongan dari sebuah puzzle – masing-masing tidak tergantikan.

Di sini, di Surabaya, kami menemukan diri kami dalam kapasitas sebagai penari (selama 3 bulan kami menguasai tarian tradisional seperti tarian Sampur Urban, Cak & Ning, dan Greget), musisi (belajar bermain gamelan), master batik, pelajar (kami memiliki kelas Bahasa Indonesia), perancang (kami terlibat dalam proyek pembuatan jurnal kami sendiri yang didedikasikan untuk seluruh Indonesia), aktor (dalam film pendek yang diambil oleh salah satu sukarelawan) dan lain-lainnya.

Fitur lain yang membuat program ini jadi penuh warna dan tak terlupakan adalah kenyataan bahwa kami mengunjungi begitu banyak tempat menarik. Salah satu tempat paling mengesankan yang kami kunjungi adalah Gunung Bromo. Pemandangan yang bagus, tapi pada saat yang sama juga menakutkan sebagai gunung berapi yang sangat mistis, yang membuat legenda menarik di belakangnya, jalan sempit, setiap langkah yang tampaknya menjadi langkah terakhir, cuaca yang membeku, udara segar, ruang yang sangat besar … setiap bagian dari tempat ini membuat Anda tinggal di sana dengan napas tertahan. Selain itu, berkat program BSBI ini, yang kami jelajahi tidak hanya Surabaya, tapi juga bagian lain dari Jawa Timur, seperti Madura (Sumenep), kota Batu, dan kota Kediri.

Saya benar-benar merasakan perasaan baru, kesan dan emosi yang benar-benar baru. Saya menjerit dan tertawa, saya sangat senang seperti anak kecil yang diberi mainan baru. Saya berasumsi bahwa tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan perasaan ini.


ANASTASIIA PUSTYlYNK
(peserta BSBI 2017 dari Ukraina)

Setelah terjalinnya hubungan yang begitu rumit dengan Indonesia selama lima tahun terakhir, kali ini saya datang ke sini sungguh sangat berbeda. Meski tradisi dan budaya negeri ini akrab bagi saya, tapi pada titik tertentu, Indonesia selalu membuat Anda kagum dan terkesan.

Bila Anda berada jauh dari rumah dan orang yang dicintai, sangat penting untuk merasakan dukungannya. Hambatan bahasa, budaya dan cara berpikir yang berbeda dapat menyebabkan beberapa kesulitan selama bulan pertama. Tapi, di sisi lain, sungguh menakjubkan betapa cepatnya Anda bisa mendekati orang yang Anda kenal hanya selama beberapa minggu.

Untuk dua minggu pertama Program BSBI, keluarga kecil khusus kami yang terdiri dari dua belas siswa telah melalui berbagai hal. Tapi entah bagaimana, karena segala sesuatu terjadi karena suatu alasan, kami berhasil mengatasi semua masalah, dan saling bergantung satu sama lain.

Yang pasti, mereka yang berada di Indonesia, atau Asia untuk pertama kalinya, akan sulit menghadapi cara hidup yang sama sekali berbeda. Apalagi, bahasa Jawa di sini lebih sering digunakan daripada bahasa Indonesia, karena masyarakat setempat memiliki pengaruh yang besar terhadap rutinitas sehari-hari masyarakat Indonesia di sini.

Tapi bagaimana dengan 700 bahasa lain yang juga diucapkan di indonesia? Orang-orang di sini bangga dengan beragam budaya mereka, karena motto mereka adalah Bhinneka Tunggal Ika. Sulit dipercaya bahwa negara ini masih bersatu, mengingat kenyataan bahwa ada lebih dari 17 ribu pulau. Dunia harus mengambil beberapa kelas pelajaran tentang bagaimana menjadi saling bersatu dan saling menghormati.

Semua orang memiliki latar belakang yang berbeda; mereka berasal dari keluarga yang berbeda dengan sikap dan kepercayaan yang berbeda. Apa yang bisa Anda pelajari adalah bagaimana bersyukur atas apapun yang Anda miliki dalam hidup Anda. Dan jika Anda tidak puas, Anda harus bekerja lebih keras untuk mengubahnya, – inilah yang telah saya pelajari dari orang Jawa. Cara orang Jawa menjalankan tradisi mereka akan memukau Anda, cara mereka memperlakukan keluarga mereka akan membuat Anda berubah pikiran dan membuka hati Anda. Dan akhirnya, Anda akan menjadi bagian dari keluarga dan tradisi mereka. Bantuan sederhana dan tidak mementingkan diri sendiri serta rasa syukur yang sama murninya, tidak salah lagi adalah kearifan lokal yang patut untuk dipelajari dan karenanya memungkinkan untuk jatuh cinta pada Jogja dan Indonesia selangkah demi selangkah setiap hari.[]

Kategori