Current Issue Juli 2017

Indonesia Dorong Kerja sama Nyata Dalam 7th IORA Bi-Annual Meeting of CSO di Bali

Sebagai tindak lanjut KTT IORA 2017 di Jakarta, Indonesia sebagai Ketua IORA periode 2016 – 2017 telah memimpin Pertemuan the 7th IORA Bi-Annual Meeting of the Committee of Senior Officials yang diselenggarakan di Bali pada 2 – 3 Agustus 2017. Pertemuan dihadiri oleh para pejabat tinggi (senior officials) dari 21 negara anggota IORA. Pada Pertemuan tersebut, Indonesia antara lain mendorong kerja sama yang memberi manfaat nyata bagi masyarakat, sebagaimana dimandatkan oleh para pemimpin negara-negara IORA dan disepakati dalam dokumen IORA Action Plan.

“Perlu untuk segera menindaklanjuti hasil-hasil KTT IORA, melalui implementasi Rencana Aksi yang telah disepakati. Revitalisasi Indian Ocean Rim Business Forum (IORBF) dan Working Group on Trade and Investment (WGTI) merupakan bagian dari upaya tersebut, agar kerja sama perdagangan dan ekonomi diantara anggota IORA dapat ditingkatkan”, ujar Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Dubes Desra Percaya, selaku ketua Pertemuan. “Kerja sama Keamanan dan Keselamatan Maritim, Blue Economy, dan Women`s Economic Empowerment perlu didorong melalui pembentukan working group”, sambung Dirjen Aspasaf.

Pertemuan 7th Bi-Annual CSO fokus membahas tindak lanjut KTT IORA dan pertemuan terkait lainnya, termasuk implementasi Rencana Aksi dalam jangka pendek, menengah, dan panjang, yang telah disepakati dalam 5 tahun kedepan. Rencana aksi memberikan fokus pada upaya mengatasi tantangan, terlebih dengan perubahan geopolitik dan geoekonomi di kawasan Samudera Hindia. Penguatan organisasi IORA serta kerja sama dengan mitra wicara dan organisasi internasional maupun regional lainnya didorong agar dapat memberikan kontribusi konkret.

Indonesia telah memprakarsai penguatan kerja sama IORA untuk lebih solid guna menghadapi tantangan masa kini dan masa depan. Selama keketuaan Indonesia, IORA telah hasilkan capaian utama yaitu Jakarta Concord, yang merupakan visi dan norma kerja sama IORA untuk menggali peluang serta meningkatkan kesejahteraan kawasan. Selain itu, KTT IORA yang diselenggarakan pada 7 Maret 2017 lalu di Jakarta merupakan pertemuan tingkat kepala negara/pemerintahan pertama dalam rangka memperingati 20 tahun organisasi tersebut. Keberhasilan KTT IORA tegaskan kepemimpinan Indonesia sebagai negara maritim yang mendorong pembaruan komitmen negara-negara anggota IORA untuk tingkatkan kerja sama menuju kawasan Samudera Hindia yang damai, stabil, dan sejahtera. [](Aspasaf/Infomed)

Kategori