Current Issue Juli 2017

Novel Karya Peserta BSBI Way to Indonesia : Two Lives, Two Faces, One Batik

Dua peserta program BSBI 2017, yaitu Andrei E.P.S. Zapsa dari Moldova dan Christine May Nikola dari Fiji, disela-sela kesibukan mereka mengikuti program BSBI, telah menyempatkan diri berkolaborasi untuk menulis sebuah novel.

Di penghujung program BSBI 2017, mereka berdua meluncurkan sebuah novel bertajuk “Way to Indonesia : Two Lives, Two Faces, One Batik”.

“Burung Bulbul di sangkar emas. Bisa juga dari intan, tapi sangkar tetaplah sangkar”, kata Andi Chandra.

Andi Chandra adalah seorang putri Sulawesi yang terjebak di antara salah satu kerusuhan besar politik. Dalam keadaan sulit untuk mencari kehidupannya sendiri, sang putri kemudian bertemu dan berhubungan dengan seorang anak desa yang menyerahkan kehidupan sederhananya untuk mencari tempat tinggalnya di masyarakat. Sang putri sangat merindukan kehidupan yang dimilikinya.

Pasangan dari dua dunia yang berbeda ini harus bekerja sama untuk menyatukan keluarga mereka, dan entah bagaimana caranya menghindari dunia mereka untuk tidak bertabrakan tanpa suatu kehidupan yang mendikte mereka.

Demikian ringkasan cerita dari novel yang digarap bersama oleh Andrei dan Christine. Novel ini adalah sebuah jalinan cerita yang penuh dengan humor, politik dan asmara yang terinspirasi oleh elemen fiktif dan non-fiktif selama penulisnya berpartisipasi dalam program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia 2017.

Andrei Zapşa adalah seorang komposer dan konduktor. Dia adalah penulis Great War: Last Archangel, The Missing Shard dan The Crown of Power, sebuah trilogi fantasi pertama yang ditulis di negaranya.  Dia juga menulis The Call of King, sebuah novel yang bersejarah.

Pada saat yang sama, Andrei adalah pendiri dan konduktor pertama orkestra yang sukses, seperti orkestra Mezzo Youth Symphony, Makassar Youth String Orchestra dan Orkes Simfoni Şt. Neaga College di Chişinău.

Karena aktivitasnya yang luar biasa di bidang sastra, dia dianugrahi penghargaan “Heroes of the Moldova” untuk kategori sastra pada tahun 2016. Saat ini, Andrei bekerja di Financial-Banking College di Chisinau, dan mengajar ilmu ekonomi.

Christine May Nikola adalah seorang penulis kreatif dan baru saja lulus dari South Pacific University, Fiji. Ia adalah seorang Jurnalis dan Psikolog yang saat ini sedang mengikuti studi pasca sarjana di bidang Psikologi.

Sepulang kuliah, Christine bekerja sebagai jurnalis di sebuah perusahaan surat kabar besar di Fiji dan kemudian mengundurkan diri untuk melakukan traveling. Ia sangat menikmati pekerjaan non-voluntary seperti mengajar anak-anak di komunitas rentan. Saat ini Christine tinggal bersama keluarganya di Fiji.[]

Kategori