Current Issue Juli 2017

Pagelaran Indonesia Channel 2017

Sebagai puncak sekaligus penutupan program BSBI 2017, telah diselenggarakan acara pagelaran seni dan budaya kolosal bertajuk “Indonesia Channel: Celebrating Diversity, Harnessing Harmony” di Gedung Empire Palace, Surabaya pada tanggal 18 Agustus 2017. Pada saat yang sama, dilaksanakan juga pameran hasil karya peserta BSBI 2017 berupa lukisan, foto, batik, ukiran kayu dan gerabah, perhiasan, dan lain-lainnya.

Pada acara tersebut, Menlu RI, Retno LP Marsudi hadir untuk memberikan sambutan sekaligus menutup Program BSBI 2017, didahului oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini yang menyampaikan sambutan selamat datang. Selain itu, pagelaran Indonesia Channel 2017 juga dihadiri oleh Istri Wakil Gubernur Sumatera Barat, Duta Besar dan korps diplomatik negara sahabat, Pejabat Pemerintah Daerah, seniman, tokoh masyarakat, tokoh budaya, wartawan, para pelajar dan mahasiswa di Surabaya, alumni BSBI serta keluarga dan kerabat para peserta BSBI 2017. Acara ini terbuka untuk umum dengan jumlah penonton mencapai 1.600 orang.

Sebagai bentuk dukungan dalam menyukseskan pagelaran Indonesia Channel 2017, dan untuk mempromosikan Kota Surabaya kepada para peserta BSBI, pada tanggal 15 – 19 Agustus 2017, Pemerintah Kota Surabaya menjamu para peserta pada acara Pertemuan dan makan malam dengan Walikota Surabaya. Selanjutnya mengundang para peserta pada Upacara HUT ke-72 Kemerdekaan RI di Kantor Walikota Surabaya.

Selain itu, Pemerintah Kota Surabaya juga mengundang para peserta BSBI 2017 untuk mengikuti acara City Tour, Penanaman 58 pohon persahabatan di Taman Harmoni (dahulu merupakan Tempat Pembuangan Sampah terbesar di Surabaya), Festival Layang-Layang Internasional dan Festival Angkringan.

Publikasi media juga dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam bentuk press conference dengan 47 media nasional dan lokal, serta penayangan iklan promosi Indonesia Channel melalui videotron di beberapa tempat strategis publik seperti Bandara Internasional Djuanda, Tunjungan Plaza, Balai Kota, dan lain-lain.

Program BSBI dan Pagelaran Indonesia Channel 2017 mendapat sambutan yang cukup meriah dari masyarakat, terutama kalangan muda. Hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat, jumlah liputan media massa dan posting di berbagai media sosial.

Program BSBI merupakan salah satu program strategis guna menarik minat para pemuda negara-negara sahabat untuk menjadi ‘Sahabat Indonesia’ di negara masing-masing. Oleh karena itu, Perwakilan RI di luar negeri perlu untuk senantiasa merangkul dan melibatkan mereka dalam berbagai kegiatan khususnya yang menyangkut promosi Indonesia. Selain itu, Program BSBI merupakan bentuk kongkrit dari komitmen Kemenlu dalam upaya pelestarian dan pengembangan seni dan budaya tradisional Indonesia.[]

Kategori