Current Issue Juli 2017

Rumah Budaya Rumata, Makassar Utamakan Interaksi Sosial Peserta BSBI

Sejak tahun 2012 Rumata’ Art Space dipercaya menjadi salah satu “Rumah” untuk peserta yang datang dari belahan dunia yang tertarik untuk belajar seni & budaya Indonesia. Kesempatan bagi kami pula untuk memperkenalkan Rumata’ Artspace yang saat ditunjuk sebagai bagian dari keluarga besar Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) waktu itu, kami baru berumur satu tahun.

Program yang diprakarsai oleh Kementriaan Luar Negeri ini adalah momen mengenalkan budaya Indonesia lebih luas. Selain dalam hal diplomasi, program ini menjadi interaksi sosial antara peserta, pemerintah, sanggar seni dan masyarakat lokal di setiap daerah. Rumata’ Artspace menjadi satu-satunya perwakilan untuk Indonesia Timur sampai saat ini dan merupakan pusat seni yang paling muda diantara sanggar lainnya sebelum Sofyani Arts Padang bergabung pada tahun 2016 kemarin.

Selama 5 tahun keikutsertaan dalam BSBI, alumni yang datang dari berbagai negara adalah sahabat Rumata’ sampai detik ini. Tidak ada yang menyangka bahwa ada beberapa alumni yang akan kembali dan betah untuk tinggal lebih lama di Makassar. Atau hal sederhana lainnya, seperti bertegur sapa melalui media sosial. Alumni-alumni yang pulang ke rumah kami adalah mereka yang tertarik untuk lebih mendalami budaya Indonesia khususnya Sulawesi Selatan.

Brune Charvin (Perancis), alumni BSBI 2013, kembali datang untuk belajar Tari Pakkarena (tarian klasik Makassar yang mengajarkan keseimbangan antara kekuatan-kelembutan, feminim-maskulin, ombak-karang dan nilai-nilai yang mengingatkan manusia kepada akar budaya/tradisi).

Selain Brune, Shin (Korea Selatan) pernah juga mengadakan pameran seni lukis pada dua tahun lalu di Rumata’ Artspace. Kemudian Victor Nicolae Ciobanu (Rumania) adalah alumni BSBI 2016 yang sampai hari ini masih berada di Makassar untuk mendalami budaya dan musik lokal. Victor tertarik dan belakangan ini sering berkolaborasi dengan seniman musik tradisional Makassar.

Dalam kurun waktu di atas, program BSBI menjadi bagian yang tak terpisahkan dari serangkain program yang dijalankan oleh Rumata’ Artspace. Harapan kami Program BSBI ini masih terus dilaksanakan secara berkesinambungan setiap tahun agar budaya Indonesia yang sangat kaya dan beragam dikenal luas oleh setiap orang. Besar harapan kami bahwa semua alumni mendapatkan banyak manfaat setelah mereka kembali ke negaranya masing-masing dan Indonesia menjadi ‘Rumah’ bagi semua.

Terima kasih kami ucapkan kepada Kemenlu RI.[]

Kategori