Current Issue Juli 2017

Sanggar Seni Semarandana, Bali : Puas dan Bangga dengan Peserta BSBI

Sanggar Seni Semarandana adalah sebuah sanggar yang bergerak di bidang kesenian dan kebudayaan Bali khususnya seni tari dan seni tabuh (musik tradisional Bali).

Sanggar Seni Semarandana berdiri sejak 5 Juli 1998, beralamat di Banjar Gambang, Munggu, Mengwi, Kabupaten Badung Provinsi Bali. Sanggar ini beranggotakan para seniman dan pecinta kesenian serta kebudayaan Bali.

Selain menjadi tempat pengembangan dan pelestarian kesenian Bali, Sanggar Seni Semarandana juga berperan didalam pengenalan kesenian dan kebudayaan Bali kepada masyarakat internasional. Sejak tahun 2003, kami menjadi mitra program BSBI yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Kami dari pihak Sanggar selaku penanggung jawab merasa puas dan bangga kepada para peserta BSBI. Para peserta selalu serius sehingga cepat mengerti tentang apa yang diajarkan oleh para pelatih.

Adapun materi yang diajarkan dalam program BSBI, antara lain adalah: Seni Tari, Seni Tabuh (gamelan), Seni Rupa (lukis), Tata Rias, pengenalan Busana dan Adat Istiadat Bali, serta Bahasa Indonesia.

Sanggar Seni Semarandana bekerjasama dengan IKIP PGRI Bali dalam pengajaran Bahasa Indonesia. Selain itu, kami juga bekerjasama dengan media massa, diantaranya NET TV, TVRI Bali, Bali Pos, Jawa Pos dan Radar Bali untuk mempublikasikan program BSBI ini.

Namun demikian, pelaksanaan BSBI di Sanggar Seni Semarandana tidaklah tanpa hambatan. Terkadang terdapat peserta yang memiliki minat terlalu spesifik di luar program yang telah diagendakan. Hal tersebut menuntut kami untuk lebih luwes dalam mengemas program dan membuat kami lebih kreatif untuk mengakomodir berbagai hal tersebut.

Dengan adanya kegiatan BSBI ini di Kabupaten Badung, Provinsi Bali, diharapkan semakin banyak wisatawan yang datang untuk melakukan kunjungan sehingga berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah Badung.[]

Kategori