Current Issue Juli 2017

Wamenlu RI: Keberagaman Indonesia Merupakan Aset Diplomasi

Wakil Menteri Luar Negeri RI, Dr.  A.M. Fachir membuka secara resmi Seminar Sarasehan “Keindonesiaan Kita” di Ruang Nusantara, Kementerian Luar Negeri RI (19/7). Seminar diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI dan HUT Kementerian Luar Negeri RI ke-72.

Hadir para Pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kementerian Luar Negeri, para Duta Besar,  fungsional diplomat, lembaga think tank, serta mahasiswa-mahasiswi peminat hubungan Internasional dari beberapa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Tanah air.

Wamenlu A.M. Fachir menyampaikan bahwa  Tema yang diangkat sangat relevan untuk dibahas dalam Sarasehan mengingat kondisi kebangsaan yang tengah kita alami.

Wamenlu menyitir bahwa para founding fathers Indonesia telah menyadari sejak awal bahwa ke-bhinekaan adalah modal bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. “Kodrat bangsa kita adalah keberagaman,” ujar Wamenlu.

Keberagaman di Indonesia dengan bermacam adat istiadat, bahasa, etnis, agama, hendaknya menjadikan kita semakin mempererat persatuan dan kesatuan, bukan sebaliknya menimbulkan perpecahan. “Ke-bhinekaan kita sedang diuji,” ungkapnya.

Pentingnya pemahaman akan nilai toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara oleh seluruh anak bangsa harus terus dipupuk dan ditumbuhkembangkan bersama,” imbuh Wamenlu Fachir.

Keberagaman di tanah air telah menjadi aset diplomasi Indonesia dalam penyelenggaraan berbagai forum  internasional. Mengambil contoh Dialog Lintas Agama, Bali Demokrasi Forum (BDF),  Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) yang menjadi primadona dalam Diplomasi Publik. “Keberagaman Indonesia Merupakan Aset Diplomasi,” pungkasnya.

Bertindak selaku moderator Duta Besar Bunyan Saptomo, dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Anhar Gonggong, Sejarawan, Dosen Sejarah Universitas Indonesia, Prof. Dr. Aleksius Jemadu, Pengamat Hubungan Internasional, Universitas Pelita Harapan, Dr. Siswo Pramono, Kepala BPPK Kementerian Luar Negeri

Kategori