Current Issue Oktober 2017

Pelatihan Entrepreneurship untuk Fiji dalam Rangka Kerjasama Selatan-Selatan

Inovasi merupakan hal terpenting dan strategi kunci untuk memenangkan persaingan bisnis global di masa depan. Untuk itu pengetahuan dan pola pikir yang inovatif sangat diperlukan untuk meningkatkan kegiatan bisnis dan menciptakan solusi kreatif dalam menghadapi tantangan.

Kesimpulan tersebut terangkum dalam seluruh rangkaian pelatihan entrepreneurship untuk Fiji yang telah selesai dilaksanakan dan ditutup pada tanggal 11 Oktober 2017 oleh Duta Besar Ronny P. Yuliantoro, Pejabat Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik (IDP), Kemenlu dan dihadiri oleh Direktur Kerja Sama Teknik Kemenlu serta Direktur dari Ciputra Entrepreneurship Center.

Pelatihan entrepreneurship tersebut ditujukan untuk peserta asing dari negara-negara Pasifik, khususnya negara Fiji dan diikuti pula oleh sejumlah peserta dari kalangan wirausaha Indonesia sebagai mitra belajar untuk saling tukar informasi dan pengalaman. Selain itu, pelatihan engangkat konsep inkubasi bisnis yang bertujuan untuk menanamkan jiwa entrepreneurship yang kreatif dan inovatif dalam mengembangkan bisnis. Kegiatan pelatihan international entrepreneurship tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Kerja Sama Teknik, Direktorat Jenderal IDP Kemenlu bekerja sama dengan Ciputra Entrepreneurship Centre. Kegiatan pelatihan entrepreneurship telah dimulai melalui kegiatan international workshop on entrepreneurship dalam tiga fase yang dilaksanakan pada bulan November 2015, Februari-Maret 2016, dan April 2017.

Selama fase pertama dan kedua dari kegiatan tersebut telah diundang 14 peserta dari
Fiji pada setiap tahapnya untuk bertemu dan bertukar pandangan dengan peserta dari Indonesia. Untuk fase ketiga, ahli entrepreneurship dari Ciputra telah dikirimkan ke Fiji untuk mempelajari bagaimana para peserta Fiji mengelola dan memberikan konsultasi tentang bagaimana meningkatkan bisnis mereka.

Kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan tiga sesi pelatihan kewirausahaan “International Scale up Bootcamp 2017 “ yang diselenggarakan pada bulan Juli, Agustus dan Oktober 2017. Pelatihan entrepreneurship ini merupakan salah satu bantuan pembangunan Indonesia dalam rangka Kerjasama Selatan-Selatan untuk berbagi pengetahuan tentang kewirausahaan ke Fiji.

Indonesia telah berbagi banyak bantuan pembangunan ke Fiji, yaitu sekitar 125 program pembangunan kapasitas yang telah dilakukan sejak tahun 1999-2016 dan diikuti oleh 540 peserta dari Fiji. Program pembangunan kapasitas tersebut terdiri dari banyak sektor, termasuk pertanian, usaha kecil dan menengah, rekayasa bangunan, tenaga air, manajemen risiko bencana dan pariwisata.

Sebelum acara penutupan tersebut, pada hari yang sama juga telah dituntaskan pelatihan sesi ketiga “International Scale up Bootcamp 2017” yang mendatangkan peserta dari Fiji untuk memberikan gambaran dan informasi yang lebih jelas mengenai kegiatan bisnis di Fiji dan peluang-peluang yang dapat dijajaki oleh peserta dari Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh 15 peserta Indonesia dan dua peserta dari Fiji.

 

Tabloid Diplomasi Versi PDF

Tabloid Oktober 2017

Tabloid Oktober 2017