Current Issue Oktober 2017

Sosialisasi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN)

Dalam upaya memberdayakan dan meningkatkan peranmasyarakat Indonesia di luar negeri, diperlukan adanya fasilitas yang memadai untuk dapat terlibat aktif dalam kegiatan perekonomian, sosial, dan budaya. Denganpertimbangan tersebut maka pada tanggal 3 Agustus 2017, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 76 Tahun 2017 tentang Fasilitas Bagi Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (MILN). MILN adalah masyarakat Indonesia di luar negeri, warga negara asing eks warga Negara Indonesia dan warga negara asing yang salah satu orang tuanya adalah warga Negara Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Diplomasi Publik, Al Busyra Basnur pada pertemuan di Konsulat Jenderal RI di Ho Chi Min City pada tanggal 15 Oktober 2017. PerpresNomor 76 tersebut ditindak lanjuti oleh Kementerian LuarNegeri RI dengan menerbitkan Peraturan Menteri Luar Negeri (Permenlu) Nomor 7 tahun 2017 tentang Penerbitan dan Pencabutan Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN).

Dalam Perpres Nomor 76 Tahun 2017 tersebut disebutkan bahwa pemegang KMILN adalah Masyarakat Indonesia di Luar Negeri yang akan diberikan fasilitas berupa: membuka rekening di bank umum, memiliki properti di Indonesia, dan/ atau mendirikan badan usaha di Indonesia sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Selain menyampaikan informasi mengenai MILN dan KMILN, Direktur Diplomasi Publik juga menyampaikan berbagai informasi dan program kerja Direktorat Diplomasi Publik guna menambah pengenalan mengenai Direktorat Diplomasi Publik yang pada gilirannya akan memperkuat sinergi dan kerja sama antara Direktorat Diplomasi Publik dan KJRI HCMC. (Sumber: KJRI HCMC)

 

Tabloid Diplomasi Versi PDF

Tabloid Oktober 2017

Tabloid Oktober 2017