Current Issue Oktober 2017

Diplomasi Perlindungan WNI

Tantangan pelaksanaan perlindungan bagi Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia di Luar negeri
semakin besar, namun Menlu Retno menyatakan bahwa Indonesia tidak akan surut dan mundur. Pemerintah sudah berkomitmen untuk menjalankan perlindungan tersebut dengan sepenuh hati.Fokus perlindungan WNI dan BHI di luar negeri dilakukan dengan memperkuat sistem perlindungan dengan menggunakan data, teknologi dan inovasi.  Pertama adalah dengan melakukan integrasi database; kedua, peluncuran beberapa aplikasi temasuk mobile safe trave ;  ketiga, peluncuran aplikasi baru SMS blast; dan keempat, memperbaiki pelayanan dan kualitas perlindungan.

Data perlindungan WNI yang telah berhasil dicapai dalam tiga tahun terakhir, Kemenlu telah berhasil menyelesaikan sebanyak 27.341 kasus. Membebaskan 144 WNI dari ancaman hukuman mati.  Melakukan repatriasi 181.942 WNI yang memiliki masalah termasuk overstayers. Melakukan evakuasi 16.426 WNI dari berbagai wilayah konflik, perang dan bencana alam. Serta berhasil membebaskan 31 sandera WNI dari Filipina dan Somalia. Kemenlu juga telah berhasil mengembalikan hak finansial WNI yang mengalami permasalahan di luar negeri yang nilainya mencapai sebesar Rp 388 miliar.  Hal ini dapat dilakukan Kemenlu melalui pendampingan hukum yang diberikan oleh Perwakilan RI.

Untuk memperbaiki situasi penyediaan pendidikan dasar bagi anak-anak Buruh Migran Indonesia (BMI) yang bekerja di perkebunan kelapa sawit di Malaysia.  Dalam tiga tahun terakhir, Indonesia telah berhasil menambah 16 Community Learning Center (CLC) di Sabah dan Sarawak, sehingga total CLC yang ada mencapai 255.Kemenlu telah melakukan kerja sama dengan tujuh Kementerian/ Lembaga untuk meningkatkan penanganan penyelundupan dan perdagangan manusia. Disamping itu, Kemenlu juga melakukan penguatan capacity building perlindungan WNI di 60 kabupaten/kota tempat sebagian besar BMI berasal

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tabloid Diplomasi Versi PDF

Tabloid Oktober 2017

Tabloid Oktober 2017