Current Issue Oktober 2017

Peran Indonesia di Kawasan dan Internasional

Diplomasi perdamaian Indonesia dan peran  sebagai bridge builder yang  ingin dimainkan Indonesia  dalam menjembatani  banyaknya perbedaan.  Peran Indonesia dalam peace keeping mission adalah wujud nyata dalam mewujudkan perdamaian  dunia. Lebih dari 2800 personel  sejauh ini sudah diter junkan. Pada tahun 2017,  Indonesia merupakan 8 negara  terbesar kontributor PKO. Indonesia  juga aktif dalam Peace  Building Committte PBB, untuk  menjamin tersedianya sumber  daya pembangunan pasca  konflik. Upaya Indonesia untuk menjembatani  konflik di Timur  Tengah dan menjembatani komunikasi antara Myanmar-Bangladesh.

ASEAN Bagi Indonesia, isu unity and  sentrality ASEAN merupakan  isu penting. Tahun 2017 ini ASEAN merayakan ulang tahunnya  ke-50. Banyak hal yang sudah dicapai terutama dalam menciptakan ekosistem bagi stabili- tas perdamaian dan kesejahteraan di kawasan Asia Tenggara. Indonesia terus berusaha untuk menjalankan peran menjaga sentralitas ASEAN sebagai motor utama dalam menjaga stabilitas dan penyelesaian konflik di kawasan.  Tantangan ASEAN  jika  ASEAN bersatu dan dapat  menjalankan sentralitasnya.  Indonesia terus berusaha untuk  menjalankan peran kepemimpinannya di ASEAN. Indonesia tidak pernah tinggal diam untuk merespon dengan cepat jika terjadi masalah di ASEAN. Sebagai contoh, ketika keamanan di perairan Sulu dan  sekitarnya terancam, Indonesia  adalah pihak  yang menginisiasi Trilateral Cooperation dan  pada saat kota Marawi diserang kelompok teroris, Pertemuan Trilateral dan Pertemuan yang bersifat Sub Regional untuk membantu Filipina mengatasi situasi dan sekaligus meningkatkan kerja sama.

Kontribusi yang tak kalah pentingnya adalah berhasilnya ASEAN dan RRT dalam menyepakati framework code of conduct. Ini merupakan suatu awal untuk melanjutkan negosiasi code of conduct.Kawasan Samudera Hindia tidak luput dari perhatian diplomasi Indonesia. Sudah banyak kerja sama di Samudera Pasifik,  untuk kerja sama maritim di Samudera Hindia masih banyak yang bisa dioptimalkan. Indonesia dalam masa Keketuaannya  telah berhasil mendorong kerja sama maritim dalam kerangka IORA melalui kesepakatan Jakarta Concord.  Indonesia telah meletakkan dasar dan fondasi baru untuk meningkatkan kerja sama di masa mendatang  dengan pembentukan Jakarta Concord. Kerja sama maritim di tingkatkan dengan pembentukan  8 perjanjian kerja sama bilateral di bidang maritim. Dengan presentasi yang telah disampaikan diharapkan awak media dapat mendapatkan gambaran utama apa yang  sudah dicapai, apa yang sudah dilakukan dan tantangan yang ada. Diplomasi Indonesia terus bekerja tanpa kegaduhan untuk memperjuangkan kepentingan nasional dan juga untuk mem-berikan kontribusi bagi stabilitas, perdamaian dan kesejahteraan dunia,” tutur Menlu Retno  menutup Press Briefing.

 

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tabloid Diplomasi Versi PDF

Tabloid Oktober 2017

Tabloid Oktober 2017