Current Issue Maret 2018

Lomba Kreatifitas Anak

Pembelajaran sejarah tidak hanya menjadi tugas para pengajar di sektor pendidikan formal saja, melainkan juga sektor non formal. Museum merupakan salah satu ruang publik yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran sejarah secara non formal. Selain itu, museum juga bisa menjadi tempat yang menyenangkan untuk belajar sejarah karena selain memiliki nilai edukasi, museum juga merupakan sebuah destinasi wisata. Di museum, masyarakat tidak hanya belajar sejarah tetapi juga dapat berekreasi bersama keluarga. Nilai edukasi sebuah museum adalah untuk memperkenalkan pengetahuan dan budaya secara nyata melalui program edukasi dan eksibisi.

Berkaitan dengan itu, dalam acara peringatan HUT Konferensi Asia Afrika yang ke-63, Museum Konferensi Asia Afrika (MKAA) menyelenggarakan program edukasi museum berupa Lomba Kreativitas Anak-Anak Tingkat Sekolah Dasar yang dikemas dalam bentuk lomba menggambar dan mewarnai koleksi MKAA dengan tema “Warna-Warni Semangat sia Afrika”.

Menggambar dan mewarnai merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan dalam mengkomunikasikan nilai edukasi yang dimiliki oleh MKAA kepada masyarakat. Para peserta dipersilahkan memilih salah satu gambar sesuai dengan kategori peserta, yaitu gambar Diorama dan Gedung Merdeka. Gambar kemudian diunduh dan di print dalam ukuran A4. Gambar yang telah diwarnai sesuai dengan kreativitas masing-masing kemudian dikirim ke MKAA, dengan batas waktu pengiriman tanggal 31 Maret 2018.

Gambar yang masuk kemudian dilakukan penilaian, khususnya dalam hal teknik mewarnai, kombinasi warna, kerapian, orisinalitas, dan kreativitas. Penetapan para pemenang lomba dilakukan

Tabloid Diplomasi Versi PDF

Tabloid Maret 2018

Tabloid Maret 2018