Current Issue Maret 2018

Millennials, Nasionalisme, dan Diplomasi

Kementerian Luar Negeri berkolaborasi dengan  Rumah Millennials dan Innovative Youth Project (IYP) menyelenggarakan dialog inspiratif bertajuk “Millennials, Nasionalisme, dan Diplomasi: Tantangan Diplomasi Zaman Now”, di Kantin Diplomasi Kemlu, Jakarta, pada tanggal 23 Maret 2018. Kegiatan yang dihadiri oleh kurang lebih sekitar 150 anak muda yang akrab disebut sebagai generasi millennials ini bertujuan untuk menambah wawasan para millennials terhadap pentingnya diplomasi. Tiga orang narasumber dihadirkan pada dialog ini, yaitu Staf Khusus Menteri Luar Negeri untuk Isu Strategis yang juga merupakan Duta Besar “Designated” untuk Republik Rakyat Tiongkok, Djauhari Oratmangun; Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kemlu, Cecep Herawan; serta Puteri Indonesia 2013 yang juga sebagai Miss Universe Indonesia 2013, Whulandary Herman.

Setiap negara di dunia memiliki kebutuhan yang tidak selalu dapat dipenuhi oleh potensi dari dalam negara sendiri. Perbedaan wilayah geografis, potensi alam, akses teknologi, hingga kualitas keterampilan sumber daya manusia membuat tiap negara memiliki kelebihan dan keunikan masingmasing. Keadaan ini akhirnya mendorong negara-negara untuk saling bekerja sama antara satu dan lainnya. Kerja sama ini mencakup berbagai bidang yang secara garis besar meliputi ekonomi, politik, dan sosial budaya. Bicara mengenai hubungan antarnegara, maka tidak terlepas dari upaya diplomasi. Mempertahankan dan membina hubungan baik dalam kerja sama antarnegara tidaklah selalu mudah. Diperlukan kemampuan khusus untuk berunding dan bernegosiasi serta dukungan dari seluruh warga negara untuk menjaga kualitas dan nama baik Indonesia di mata dunia.

Pada tahun 2020, generasi millennials diproyeksikan akan mendominasi usia produktif di Indonesia. Untuk itu, Kemlu berharap agar para milennials dapat turut serta mengambil peran dalam diplomasi, untuk membangun dan memperkuat hubungan baik antara Indonesia dan negara-negara lain di dunia. Dengan konsep panel discussion, mind session, and networking, diharapkan event seperti ini dapat memfasilitasi millennials untuk saling belajar, berjejaring, berbagi cerita, karya, inspirasi, dan saling membuka peluang untuk bekerjasama, bersinergi serta gotong royong lintas karya dan bidang dengan millennials inspiratif lainnya. (Sumber: Rumah Millennials)

Tabloid Diplomasi Versi PDF

Tabloid Maret 2018

Tabloid Maret 2018