Current Issue Maret 2018

Night at the Museum

Night At The Museum adalah salah satu bentuk kegiatan yang diprakarsai oleh Sahabat Museum Konferensi Asia Afrika (SMKAA), Bandung. Kegiatan ini pertama kali dilakukan pada acara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, dimana dalam kegiatan ini masyarakat diberikan kesempatan untuk merasakan sensasi menjelajahi Museum KAA pada malam hari. Kegiatan ini di awali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selanjutnya, pengunjung museum disuguhi dengan pidato berjudul ‘Solidaritas Asia Afrika’ untuk mengingatkan betapa pentingnya ikatan yang terjalin antar negara Asia dan Afrika.

Berikutnya para pengunjung museum disuguhi sebuah pertunjukan drama bertajuk ‘Bandung di Awal Revolusi’ yang dibawakan oleh Historia van Bandoeng (HvB) berkolaborasi dengan SMKAA. Drama ini berkisah tentang upaya Jepang yang ingin melalukan propaganda terhadap Indonesia. Rakyat Indonesia dijadikan romusha (pekerja paksa) yang bekerja dari pagi hingga larut tanpa diberi upah. Di sisi lain, Jepang diberi ultimatum oleh Amerika Serikat, namun Jepang menolak untuk tunduk. Sehingga akhirnya, Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Kota Hiroshima dan Nagasaki yang mengakibatkan Jepang menyerah kepada Sekutu. Momen ini kemudian dimanfaatkan oleh Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan.

Usai pertunjukan drama tersebut, selanjutnya para pengunjung dipandu untuk berkeliling museum dan mendapatkan penjelasan tentang bendabenda dan potret-potret bersejarah saat berlangsungnya Konferensi Asia Afrika.

Tabloid Diplomasi Versi PDF

Tabloid Maret 2018

Tabloid Maret 2018