Current Issue Januari 2018

Perspektif Demokrasi Suara Kaum Muda

Ada banyak cerita yang dapat disampaikan dari pelaksanaan Bali Democary Student Conference (BDSC) yang pertama, mulai dari sesi diskusi yang begitu aktif hingga banyaknya perspektif demokrasi yang disampaikan oleh para pemuda yang hadir dalam BDSC. Ada cerita tentang bagaimana pengalaman demokrasi di suatu negara, ataupun tentang demokrasi dan nilai-nilai yang seharusnya diangkat.

Peserta dari Fiji menyampaikan bahwa akses informasi menjadi masalah di negaranya yang berbentuk kepulauan. Dalam hal ini para pemuda kemudian memiliki peran untuk mengedukasi masyarakat yang tersebar di ratusan pulau. Bagi masyarakat Fiji, demokrasi menjadi penting karena negaranya harus melakukan sesuatu untuk menghadapi climate hange. Sementara itu, peserta dari Mali mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki kesempatan yang lebih besar dalam berdemokrasi dibandingkan negaranya. Karena itu ia berpandangan bahwa Indonesia harus memanfaatkan kesempatan itu dengan baik meskipun masih banyak terdapat masalah seperti money politic.

Peserta dari Gambia pun mengakui bahwa food atau makanan yang menjadi unsur money politic memang masih menentukan sikap politik dan masyarakat yang demokratis. Namun menurutnya yang membuat demokrasi penting adalah demokrasi harus sesuai dengan budaya lokal, sehingga tetap relevan dan memberikan dampak. Dari diskusi yang begitu aktif, para peserta kemudian menyusun sebuah dokumen akhir berupa hasil diskusi dan rekomendasi. Dokumen tersebut kemudian disampaikan kepada forum BDF X tahun 2017 oleh Chairwoman BDSC, Maryna Kyrylchuk yang berasal dari kraina dan juga mahasiswi Manajemen Bisnis di Pascasarjana Universitas Padjajaran, Bandung.

Dokumen tersebut menjadi bukti bahwa para generasi muda mampu untuk bersuara dan berkontribusi, terlibat dalam terbagai upaya peningkatan kualitas dan tujuan demokrasi, yaitu kesetaraan dalam hal kesempatan, hak asasi manusia, dan kesejahteraan.Maryna mengungkapkan bahwa dirinya merasa sangat terhormat bisa menjadi Chairwoman dan dipercaya untuk mempersembahkan Voice of Youth (Suara Para Pemuda). “Menjadi kepala konferensi dan mempersembahkan dokumen kepada orang yang lebih tua seperti para menteri dan tamu partisipan bagi saya sebagai seorang mahasiswi adalah sebuah kehormatan,” ujar Maryna

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tabloid Diplomasi Versi PDF

Tabloid Januari 2018

Tabloid Januari 2018