Current Issue Maret 2018

Pertemuan Bilateral dan Langkah Konkret Kerjasama Ekonomi

Dalam rangka mewujudkan komitmen Indonesia untuk mempererat kemitraan dengan negara-negara Afrika, pada 10 April 2018 telah dilaksanakan pertemuan Indonesia-Africa Forum (IAF) 2018 di Nusa Dua Bali yang dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. Memanfaatkan forum tersebut, Menlu RI mengadakan pertemuan bilateral dengan beberapa negara Afrika di sela-sela  kegiatan forum. Beberapa pertemuan bilateral yang dilakukan Menlu RI antara lain dengan Menlu Madagaskar, Henry Rabary-Njaka. Dalam pertemuan ini, Menlu Madagaskar menyampaikan rencana pembukaan kedutaan besarnya di Indonesia. Selain itu juga dibahas kerja sama di bidang politik dan peningkatan ekonomi kedua negara.

“Madagaskar dapat menyediakan lahan hingga seluas 10.000 m2 untuk kebutuhan perkebunan kelapa sawit Indonesia”, jelas Menlu RI usai pertemuan. Berbagai upaya peningkatan kerjasama ekonomi yang juga turut dibahas, antara lain di bidang standarisasi pertanian, energi, dan infrastruktur. Selanjutnya, Menlu RI mengadakan pertemuan bilateral dengan Menlu Kamerun, Lejeune Mbella Mbella. “Kami sepakat untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang termasuk pertanian, energi, dan infrastruktur”, papar Menlu RI sesaat setelah pertemuan berlangsung. Hal lain yang juga disepakati adalah peningkatan kerja sama pemberdayaan generasi muda di kedua negara.

Berikutnya Menlu RI menandatangani Perjanjian Bebas Visa untuk Paspor Diplomatik dan Dinas bersama dengan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Mozambik, Regendra de Sousa. Kedua Menlu berharap hubungan antara Indonesia dan Mozambik dapat meningkat dengan ditandatanganinya perjanjian tersebut. Selanjutnya, untuk mendukung berbagai upaya yang telah disepakati dalam pertemuan bilateral dengan negara-negara Afrika tersebut, Menteri Luar Negeri dan Menteri Keuangan RI meluncurkan dan menandatangani buku “Road to Africa: Kajian Potensi Ekonomi dan Risiko Negara-Negara Benua Afrika”. Buku ini disusun bersama oleh Indonesia Eximbank dan Direktorat Afrika, Kemlu. Buku ini berisi data riset dan kajian mengenai potensi ekonomi negara-negara Afrika sehingga dapat digunakan oleh pelaku usaha dan pemangku kepentingan untuk melihat peluang kerja sama antara Indonesia dengan negara-negara Afrika. Selain itu, di buku ini juga terdapat identifikasi potensi, peluang dan risiko negara tujuan, termasuk dari sisi pembeli. Buku Road to Africa ini diharapkan dapat membantu para pelaku usaha dalam mengenali dan memetakan negara-negara Afrika yang menjadi fokus utama ekspor Indonesia dalam lima tahun ke depan.

Tabloid Diplomasi Versi PDF

Tabloid Maret 2018

Tabloid Maret 2018