Januari 2018 Preivous Issue

Sekjen PBB : BDF Berperan untuk Meningkatkan Representasi dan Mendorong Pemilu yang Terbuka

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa, Antonio Guterres, mengapresiasi penyelenggaraan Bali Democracy Forum ke-10 yang diselenggarakan pada tanggal 7-8 Desember 2017. Forum dialog ini dinilai mampu menjadi salah satu kunci upaya menjamin perdamaian dan keberlanjutan pembangunan dalam konteks demokrasi.

“Forum ini memungkinkan dialog antarnegara, demokrasi dan prinsip inklusi, keterbukaan serta dialog bersama,” kata Guterres dalam pesan video secara langsung pada sesi pembukaan BDF di ICE  Serpong, Banten. Lebih lanjut Guterres mengatakan, bahwa forum diskusi demokrasi seperti BDF memiliki peran untuk meningkatkan representasi, mendorong pemilihan umum yang terbuka, memperkuat masyarakat sipil hingga memberdayakan perempuan yang sesuai dengan aturan hukum.

“Seluruh masyarakat memiliki peran yang dimainkan untuk memastikan dukungan negara-negara berkembang dan demokrasi yang berkembang” ujar Guterres. Bentuk kemajuan pengaruh forum ini antara lain, bekerja sama dengan pemerintah Tunisia dalam penyelenggaraan BDF chapter Tunisia yang juga telah berkembang menjadi platform bagi negara-negara di kawasan Afrika Tengah dan Timur Tengah untuk bertukar pengalaman dalam proses demokrasi. BDF Tunisia membahas perkembangan home-grown democracy di masing-masing negara untuk melihat tantangan perkembangan demokrasi di kawasan serta mencari solusi tantangan yang ada.

Tabloid Diplomasi Versi PDF

Tabloid Maret 2018

Tabloid Maret 2018