Surat Pembaca

Surat Pembaca Edisi 15 Maret – 14 April 2018

Indonesia dinilai memiliki peran penting dalam diplomasi soft power untuk ikut menyelesaikan konflik di Afghanistan. Peran Indonesia, sangat signifikan karena misi Indonesia menggunakan pendekatan soft power dengan agama dan kebudayaan. Indonesia diharapkan bisa memberikan solusi dalam persoalan agama, budaya, dan sosial.
Dengan pendekatan soft power dalam artian pendekatan dari hati ke hati, maka pemerintah RI akan dapat bekerja sama dengan berbagai komponen di Afghanistan semakin baik. Kita banyak kesamaan terutama kesamaan agama dan budaya.

Saat ini Pemerintah Indonesia membantu pembangunan masjid dan Islamic center yang sudah dapat menampung 2.500 jamaah di Afghanistan. Masjid ini menjadi tempat berkumpul, menyatukan umat, dan juga menjadi tempat
anak-anak belajar Al-Qur’an. Indonesia dinilai istimewa, salah satunya karena berhasil menggelar konferensi perempuan dunia. Saat ini, di Afghanistan ada sekitar 6.000 ulama yang tersebar di 22 provinsi. Mereka berharap
Indonesia menjadi mediator, fasilitator untuk perdamaian di Afghanistan. Mereka memuji ulama dan masyarakat Indonesia yang sangat toleran. Ini menjadi contoh bagi mereka. Mereka sudah menangkap konsep kerukunan di Indonesia.

Mohammad Iqbal,
Mahasiswa UIN Ciputat

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tabloid Diplomasi Versi PDF

Tabloid Maret 2018

Tabloid Maret 2018